Mohon tunggu...
Hukum

Muda dan Mudah Lawan Korupsi

30 April 2019   20:42 Diperbarui: 30 April 2019   20:55 0 1 0 Mohon Tunggu...

Indonesia adalah salah satu negara yang  ikut memperingati  hari korupsi di tanggal 9 desember. Berbicara tentang korupsi, seperti sudah terbiasa mendengar kata itu di Indonesia. Seakan -- akan tiada henti berita korupsi disebarkan di nusantara. 

Di televisi, koran, radio, dan media berita lainnya menjadikan korupsi sebagai tema terhangatnya. Koruptor menjadi pemeran utama,dalam perbincangan hangat rakyat Indonesia. Mati satu, tumbuh seribu. Mungkin itu pribahasa yang pantas menggambarkan kasus korupsi di Indonesia saat ini. Bagaimana tidak? 

Korupsi adalah perkara yang sulit teratasi di Indonesia atau bahkan mustahil untuk dikurangi. Satu kasus korupsi terbongkar, di tempat lain muncul lagi kasus  korupsi baru yang menyeret banyak pejabat. Hal ini menandakan bahwa angka kasus korupsi masih jauh dari harapan.  

Besar harapan rakyat indonesia tentang menghilangnya kasus korupsi diIndonesia setiap harinya. Karena dampak besar korupsi yang mereka rasakan. Bahkan hingga generasi sesudah mereka. Terutama dampak ekonomi mereka yang amat terlihat. 

Tindak pidana Korupsi pula yang membuat Indonesia yang kaya akan Sumber Daya Alam belum bisa membuat makmur rakyatnya dengan kekayaannya. 

Korupsi di mata rakyat Indonesia layaknya penyakit yang harus dan secepatnya diobati secara permanen agar dampaknya tidak menular ke generasi selanjutnya. Sebab itulah, rakyat Indonesia ingin korupsi cepat teratasi.  

Dari data KPK tahun 2018, KPK telah menangani 178 kasus korupsi di Indonesia. Dan kasus korupsi di Indonesia selalu ada ditiap tahunnya meski sempat mengalami penurunan. Korupsi tetap saja menjadi masalah besar dinusantara, ironisnya sangat sedikit kaum muda Indonesia yang peduli akan hal itu. 

Koodinator lembaga anti korupsi ICW, Adnan Topan Husodo mengatakan aktivis -- aktivis muda Indonesia yang peduli pada masalah korupsi semakin berkurang. Bahkan para generasi kita pun banyak melakukan korupsi, seperti mencontek dan sejenisnya. Padahal secara tidak langsung praktek Korupsi sudah dilakukan oleh mereka.  Pengaruh  keperdulian generasi muda tentang korupsi sangat berpengaruh pada peminimalisiran kasus korupsi di Indonesia.

Dalam acara "2013 Internasional Students Conferece on Anti- Corruption and good Governance "fight againts  Corruption : Save Our Nation" dosen fakultas hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,Iwan setiawan, SH., MCL  berkata bahwa KPK yang merupakan badan resmi pemberantasan korupsi pemerintah Indonesia saja tidak bisa efektif menghentikan kasus korupsi yang terjadi, sebab banyaknya kasus yang harus ditangani. 

Menurut Abraham Samad, pemuda dengan Idealisme dan integritasnya merupakan penggerak perubahan. Maka dari itu, sangat penting idealisme dan integritas  para pemuda dijaga agar tidak diracuni oleh politik, kekuasaan dan hal lain yang dapat menggoyahkan ketahanan generasi muda.

Ungkapan mencegah lebih baik daripada mengobati, juga difaham secara luas dalam masyarakat. sama halnya mecegah tindak pidana korupsi lebih baik dari pada menindaknya. Semua dapat dimulai dari generasi muda kita dan juga kita sendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan pemuda dalam memerankan perannya dalam penanganan kasus korupsi. Menanamkan pada diri utuk melawan korupsi dengan menghindari hal -- hal kecil yang mengarah pada tindak pidana korupsi. Karena hal -- hal kecil yang dilakukan terkadang secara tidak sadar adalah korupsi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2