Mohon tunggu...
Nadhifah Almas
Nadhifah Almas Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Hi-Bag, Solusi Jitu untuk Para Pendaki Gunung

28 Mei 2019   21:39 Diperbarui: 28 Mei 2019   21:40 0 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia memiliki tanah yang sangat kaya, juga memiliki suku dan budaya yang beragam dan sumber daya alam yang melimpah. Cara masyarakat Indonesia mensyukuri nikmat yang diberikan ini salah satunya dengan melakukan kegiatan outdoor. Kegiatan outdoor sangat digemari khalayak luas karena sebagai salah satu cara untuk menambah keakraban antar para peserta dan untuk melepas kejenuhan dari kegiatan sehari-hari. Kegiatan outdoor banyak jenisnya, seperti mendaki gunung, tracking di hutan, menyisir wilayah pantai, dan berkemah. 

Namun, terkadang aktivitas seperti ini terhalang oleh cuaca yang semakin tidak menentu, dimana musim hujan dan musim kemarau sudah tidak dapat dibedakan lagi waktunya, tidak seperti beberapa tahun yang lalu yang masih teratur pada Bulan April-Oktober akan musim kemarau dan Bulan Oktober-April akan musim hujan.

Saat ini, sudah terdapat banyak produk yang mendukung para pecinta alam ini untuk berkegiatan outdoor, seperti sepatu khusus hiking agar tidak licin, tas dan pakaian yang waterproof, dan lain-lain. Namun, ketika sepatu yang digunakan basah/kotor, seringkali para pecinta alam sulit untuk menaruh sepatu tersebut di tas agar barang lain di dalam tas tidak ikut basah/kotor. 

Maka dari itu, terdapat solusi untuk menggunakan tas khusus untuk sepatu dengan bahan anti air di bagian luar dan bahan menyerap air dan mengikat kotoran di bagian dalamnya. Tas sepatu ini bernama Hi-Bag (Hiking Shoe Bag). Hi-Bag dilengkapi dengan tempat menaruh sandal agar lebih efisien menggunakan satu tempat untuk menyimpan alas kaki. 

Hi-Bag juga dapat digunakan untuk travelling karena biasanya ketika bepergian membawa lebih dari satu alas kaki. Hi-Bag akan memiliki persaingan yang cukup ketat dengan berbagai produk yang serupa dengannya, namun Hi-Bag akan mengutamakan fungsinya agar tidak hanya digunakan sebagai tas untuk sepatu dan sandal saja, tetapi agar kotoran atau air tidak keluar dan membasahi barang lainnya.

BUSINESS MODEL CANVAS

Customer Segments

Dalam menjalankan bisnis, pelaku usaha harus dapat menetapkan siapa yang menjadi sasaran untuk dilayani oleh pelaku usaha tersebut. Hi-Bag memilih niche market karena memiliki segmen pelanggan yang spesifik. Segmen dari produk Hi-Bag adalah laki-laki dan perempuan untuk para pendaki gunung, para traveller, dan pembeli potensial.

Value Proposition

Setiap produk atau jasa pasti memiliki nilai tambah yang akan ditawarkan kepada konsumennya. Hi-Bag termasuk customization, produk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan, yaitu sebagai tempat sepatu dengan bahan anti air di bagian luar dan bahan yang menyerap air dan mengikat kotoran di bagian dalamnya agar kotoran/sepatu yang basah tidak membuat bagian/barang lain di dalam tas ikut kotor/basah dan dilengkapi dengan tempat menaruh sandal jepit agar lebih menghemat tempat dan menjadi lebih efisien. Selanjutnya, nilai produk yang dimiliki Hi-Bag adalah convenience, dimana Hi-Bag memberikan kemudahan kepada penggunanya karena tidak memerlukan banyak tempat untuk menaruh sepatu dan sandal serta memberikan kenyamanan karena pelanggan tidak perlu khawatir tas dan barang lainnya basah dan kotor karena fungsi yang diberikan Hi-Bag ini.

Channel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3