Mohon tunggu...
Nadya Depa
Nadya Depa Mohon Tunggu... Mahasiswa - an ordinary student

ELL Student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Rombak Manual Menjadi Digital

24 Juli 2021   23:52 Diperbarui: 25 Juli 2021   00:19 84 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rombak Manual Menjadi Digital
Digital Transformation (Source: itpro.co.uk)

Era pandemi menjadi kunci gerbang orang-orang dunia lebih melirik hal-hal yang berhubungan dengan digital. Banyak pelaksanaan yang dulunya bersifat manual diubah menjadi digital, contohnya webinar melalui Zoom, pelaksaan mengajar melalui Google Classroom, Google Meet dan platform lainnya.

Desa Sananrejo adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Menurut sejarahnya, dahulu desa ini terkenal karena bedah alas atau babat alasnya yang dimana lahan tersebut dibuka oleh seorang yang bernama Mbah Rejo, selain itu, dahulu terdapat banyak kayu Sono di desa ini, itulah mengapa sekarang namanya menjadi Sananrejo. Dalam urusan pemerintahannya, Desa Sananrejo dipimpin oleh seorang Ibu Kepala Desa yang bernama Ibu Hj. Erna Yustining, S. Md. Untuk pelaksanaan tugasnya, Kepala Desa akan dibantu oleh para perangkat desa di Desa Sananrejo. Sistem perkantoran yang terlaksana di kantor desa selama ini masih banyak menggunakan cara-cara manual terlepas dari sudah majunya teknologi yang ada saat ini.

Kepala Desa Sananrejo, Ibu Hj. Erna Yustining, S. Md. tertarik dengan adanya perombakan sistem yang ada di kantor desa, khususnya perubahan pemasukkan data yang sebelumnya dilakukan secara manual (dengan cara menulis list) diubah menjadi digital melalui sebuah aplikasi. Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala IT, Hudan Carik di Desa Sananrejo. "Di sini sedang melakukan perubahan penginputan data secara digital, karena waktu yang dirasakan saat penginputan data secara manual tidak efisisen dan biasanya data tersebut digunakan sebagai bahan rapat. Hal tersebut kurang efisien jika masih menggunakan cara manual di era digital ini".

Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang sedang berusaha menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Sehingga terciptalah sebuah sistem aplikasi berbasis android yang bersifat warehouse untuk merubah pemasukkan data dari yang manual menjadi digital. Diharapkan aplikasi ini bisa membantu memecahkan salah satu permasalahan rombakan manual menjadi digital di Desa Sananrejo.

Berita ini ditulis oleh: Adib Ahmad Istiqlal.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x