Mohon tunggu...
Nada Heppy
Nada Heppy Mohon Tunggu... Penulis - Meaningful Muslimah

Mencari kesederhanaan dalam hidup. Menulis sebagai sarana berbagi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Sepelekan Hal-hal Kecil, Inilah 9 Tanda Bahwa Kamu Mengalami Depresi

4 Juli 2021   10:45 Diperbarui: 4 Juli 2021   10:53 105 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Sepelekan Hal-hal Kecil, Inilah 9 Tanda Bahwa Kamu Mengalami Depresi
Ilustrasi seseorang sedang mengalami depresi (Sumber: science.com)

Setiap hari kita menjalani aktivitas yang beragam dan suasana hati yang naik turun. Dimana mungkin terdapat aktivitas yang kita lakukan dengan hati yang berat tanpa mengetahui jawaban mengapa.

Seperti contoh ketika sedang bangun tidur, badan merasa sangat lesu walau tidak sakit apapun, atau ketika sedang belajar atau bekerja menjadi berat untuk dilakukan dan seperti tertekan walau sudah biasa dilakukan sehari-hari.

Hal di atas adalah beberapa tanda yang kemungkinan besar seseorang sedang mengalami depresi atau gangguan mental.

Dikutip dari halodoc.com, depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus-menerus merasa sedih dan tertekan serta kehilangan minat dalam beraktivitas dan mengakibatkan penurunan kualitas hidup sehari-hari.

Tentu hal tersebut bukanlah timbul dengan sendirinya. Ketika sebelum hal tersebut terjadi, terdapat beberapa hal yang membuat diri seseorang mengalami depresi, seperti sebab dari perpecahan keluarga di rumah, pem-bully-an di sekolah, suatu hal yang di alami yang membuat trauma, atau masalah cinta yang sulit untuk dijalani.

Sebuah penyakit depresi tanpa disadari mungkin sudah berada dalam diri pribadi, dimana penyakit ini dapat mengontrol emosi bahkan perilaku kita sehari-hari.

Hal tersebut perlu kita perhatikan dan dicermati baik-baik karena jika kita mengalami depresi walau masih dalam tahap yang kecil, tak dapat dipungkiri jika suatu waktu hal tersebut menjadi semakin besar hingga ke tahap yang paling tinggi yaitu merenggut masa depan atau nyawa sendiri.

Lalu, apa saja tanda dari seseorang mengalami depresi? Disini akan dijabarkan beberapa tanda yang mungkin seseorang tersebut mengalami gangguan mental tanpa disadari. Mungkin itu kamu, atau orang-orang tercintamu.

Pertama, Sering memikirkan hal sepele. Setiap hal yang seharusnya tidak menjadi masalah malah selalu menjadi beban pikirkan. Seperti contoh terdapat teman yang tidak menyapa seharian karena tengah sibuk, namun Ia menganggap temannya tersebut acuh terhadapnya.

Atau ketika seseorang berpikir bahwa orang tuanya tidak memberi perhatian dan membuat Ia bertanya mengapa mereka melakukan ini terhadap dirinya, dimana mungkin saja orang tuanya hanya sedang memiliki banyak masalah yang tidak Ia ketahui.

Pikiran-pikiran yang sebenarnya bukan suatu masalah menjadi selalu dipikirkan dalam-dalam dan terus-menerus membuat seseorang tersiksa. Hal ini dapat dikarenakan orang tersebut sedang mengalami mental disorder atau depresi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x