Mohon tunggu...
Nada Heppy
Nada Heppy Mohon Tunggu... Penulis - Meaningful Muslimah

Mencari kesederhanaan dalam hidup. Menulis sebagai sarana berbagi

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Me Time Saat Weekend? Inilah 11 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Bersama Dirimu

4 Juli 2021   08:53 Diperbarui: 4 Juli 2021   09:38 115 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Me Time Saat Weekend? Inilah 11 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Bersama Dirimu
Menjalani me time selama beberapa waktu (Sumber: Thought Catalog via unsplash.com)

Saat sedang hujan seperti ini atau ketika berlibur di akhir pekan, kita biasa melakukan hal yang menyenangkan dengan maksud memberi istirahat pada otak atau sekedar menikmati kehidupan.

Setiap orang pun melakukannya dengan beragam cara. Ada yang menghabiskan waktu untuk berbelanja bersama teman, berkumpul dengan keluarga, bermain dengan kerabat, atau melakukan sesuatu bersama diri sendiri.

Di contoh yang terakhir aku sebutkan tadi, kita biasa menyebutnya dengan "me time", dimana sudah jarang sekali dilakukan oleh kebanyakan masyarakat sekarang.

Mengapa menjadi jarang dilakukan? Bukankan sekarang banyak yang ingin melakukan hal-hal yang bersifat damai? Atau bukankah kita banyak menjumpai seseorang yang meng-upload story dengan caption "me time"? Tak lain dan tak bukan adalah karena istilah ini sudah banyak orang yang salah mengartikannya.

Me time atau yang berarti waktuku adalah suatu istilah dimana kita menghabiskan waktu sendirian yang mana tidak ada seorang pun yang membersamai dan diri pun juga tidak merasa kesepian. Ya, karena merasa kesepian bukan lagi me time panggilannya, namun loneliness.

Jadi, ketika kita sedang berpikir bahwa kita melakukan me time, berarti kita hanya melakukan beberapa hal sendirian di dunia nyata dan menikmatinya hingga waktu yang diinginkan.

Berbeda kasusnya jika kita melakukan me time dengan contoh seperti meminum secangkir teh hangat dan memfoto lalu meng-upload -nya di media sosial dengan caption "me time", namun setelahnya diri sendiri asyik bermain ponsel yang ada di genggaman, sehingga pikirannya tertuju pada isi ponsel atau melakukan chatting bersama teman.

Secara tidak langsung, hal tersebut bukankah berarti diri kita sudah tidak sendiri lagi ketika kita terhubung dengan orang secara online? Maka hal tersebut sudah tidak dapat dikatakan me time lagi. Maka dari itu, ketika diri sungguhan ingin melakukan me time, pastikan agar koneksi kita terputus dengan orang lain terutama dengan orang-orang secara online.

Mengapa hal ini dilakukan? Karena ketika kita ingin menjalani me time atau menjalani waktu sendirian, maka kita mencoba untuk menjauhi kebisingan dunia luar. Kita bisa lebih menyamankan diri sendiri dan lebih jauh mengenal diri sendiri. Melakukan beberapa hal sederhana tersebut dengan harapan mengurangi berbagai distraksi yang ada.

Dari hal di atas, bukan berarti kita perlu jauh dari ponsel kita. Kita masih dapat menggunakannya untuk menunjang kegiatan kita saat me time, seperti mendengarkan musik, menonton video, atau yang lainnya.

Memang terdapat banyak sekali jenis me time yang dapat kamu pilih, dan disini ini aku ingin menuliskan beberapa hal untuk melakukan me time yang dapat kamu pilih untuk menemani sedikit waktumu yang senggang. Tak lupa juga dengan catatan bahwa me time perlu kamu lakukan tanpa terkoneksi dengan dunia luar secara online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN