Mohon tunggu...
Nada Heppy
Nada Heppy Mohon Tunggu... Meaningful Muslimah

Mencari kesederhanaan dalam hidup. Menulis sebagai sarana berbagi

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Tips Mengatur Keuangan Pribadi agar Tidak Boros dalam Berbelanja

10 Juni 2021   11:02 Diperbarui: 10 Juni 2021   11:06 94 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mengatur Keuangan Pribadi agar Tidak Boros dalam Berbelanja
Mengatur Keuangan (Sumber: Youtube Matt D'Avella)

Bulan lalu, ketika aku mendapatkan gaji yang besar dalam sebulan karena pencapaianku yang tinggi dalam proyek kerja, aku menjadi lupa dan membeli semua barang yang aku inginkan. Memang ada beberapa uang yang aku tabung, namun, rasanya sekarang aku menjadi menyesal karena telah membeli barang-barang tersebut sebelumnya.

Mungkin kamu pernah ada di sisi sepertiku. Lalu kamu berpikir untuk mengelola keuanganmu lebih baik lagi sekarang.

Tak salah jika kamu mengunjungi tulisanku, karena kali ini aku akan membahas tips mengatur keuangan pribadi yang kadang membuat kita lupa akan berharganya uang yang kita miliki. Karena aku adalah seorang minimalis, maka kurang lebih tips ini adalah tips yang kebanyakan orang minimalis lakukan.

Langsung saja, ini adalah beberapa tips agar kamu tidak mendapati kata 'menyesal' di kemudian hari karena telah memberi barang tersebut.

1. Catat apa yang telah dibeli. Terkadang kita lupa apa yang telah kita beli sebulan yang lalu bahkan seminggu yang lalu, bisa jadi itu hal yang dibutuhkan atau hanya sekedar keinginan ingin membeli. Mungkin itu akan terus berulang tanpa sadar jika kamu tidak segera mencatatnya dan introspeksi diri atas apa yang dibeli.

Maka dari itu, catat setiap barang yang telah kamu beli dalam sebulan. Jika terdapat barang yang dirasa tidak perlu, keluarkan dari daftar list. Disini kamu menjadi tahu mana barang yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Jangan tunduk pada diskon. Ketika pergi berbelanja, kamu selalu tergiur dengan barang yang terdapat diskon 50%+20%, potongan harga lebih dari Rp 20.000, beli 1 gratis 1, ataupun diskon besar-besaran awal bulan di online shop.

Jika membeli satu barang dirasa sudah cukup, jangan terkecoh dengan barang diskon tersebut. Potongan harga dan diskon memang menarik, tapi jika kamu tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, maka hiraukan saja. Itu hanya akan membuat uangmu habis dalam sekejap dan membuat ruanganmu penuh dengan barang-barang tidak penting.

3. Terapkan metode 50/30/20. Metode ini mungkin masih sangat asing di telinga kita. Apa yang dimaksud dengan 50/30/20 tersebut? Yaitu dari jumlah uang penghasilanmu, bagi menjadi 3 hal kemana uangmu akan pergi. 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk ditabung atau membayar hutang. 

Kebutuhan seperti transportasi, makanan, kesehatan, dan kebutuhan pokok lain. Keinginan seperti hiburan, pergi ke restoran, berlibur, dan menjalani hobi. Dan tabung sisanya untuk investasi masa depan, atau jika kamu memiliki hutang, bayar hutang tersebut sebisamu dengan sisa uang masih kamu punya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN