Mohon tunggu...
Nabil Luthfi
Nabil Luthfi Mohon Tunggu... Lainnya - Hai

Pemuda yang memiliki semangat tinggi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dampak Perkembangan Teknologi terhadap Proses Belajar dan relasi Antar Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta

20 Januari 2021   09:54 Diperbarui: 20 Januari 2021   10:54 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan sebuah kemajuan besar yang terjadi pada zaman ini dan telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang. Perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Perkembangan teknologi juga menimbulkan dampak dan pengaruh yang cukup merubah perilaku dari masyarakat itu sendiri, hal itu karena semakin berkembangnya teknologi maka perilaku masyarakat akan cenderung lebih individualis dan apatis terhadap keadaan sekitar terutama para generasi muda baik yang masih sekolah maupun mahasiswa. 

Perkembangan teknologi juga membawa banyak perubahan yang memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran, yang dimana teknologi ini menjadi sumber referensi utama para mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Karena dengan mencari referensi menggunakan teknologi seperti internet di nilai lebih menghemat uang, waktu dan tenaga dibanding dengan harus pergi ke perpustakaan dan membeli buku, apalagi di situasi saat ini. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian berdasarkan data sekunder, metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi ini. Dampak tersebut membuktikan bahwa pengaruh yang dihasilkan  dari perkembangan teknologi ini sangat kompleks 

Kata Kunci : dampak perkembangan teknologi, mahasiswa.  

Kehidupan kita saat ini memang tidak bisa terlepas dari teknologi. Hampir di semua sendi kehidupan kita menggunakan teknologi, khususnya bagi anak abad ke-21. Generasi ini tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan media teknologi saat ini bukan lagi sebagai pelengkap kehidupan anak, namun menjadi kebutuhan yang sulit dipisahkan. 

Sejalan dengan berkembangnya teknologi saat ini, kehidupan kita pun ikut mengalami perubahan seperti menjadi mudahnya mendapatkan informasi dari segala penjuru di dunia. Akan tetapi, kemudahan yang diberikan dari teknologi tentunya tidak selalu memberikan dampak yang positif, adakalanya perkembangan teknologi ini malah menimbulkan dampak negatif. Maka dalam hal ini kita harus lebih selektif dalam menggunakan dan menghadapi perkembangan teknologi yang akan semakin maju nantinya.

Kemajuan teknologi merupakan sebuah perubahan yang tidak bisa kita abaikan begitu saja, kemajuan teknologi terjadi karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka inovasi dari setiap individu akan terus bermunculan dan berdampak positif. Setiap inovasi yang di ciptakan maka memberikan kemudahan dan cara baru dalam beraktivitas, khususnya di bidang Pendidikan. (Marryono Jamun, 1996)Dalam menghadapi abad 21, UNESCO melalui jurnal "The International Commission on Education for the Twenty First Century" menyarankan Pendidikan yang berdasarkan pada empat pilar yaitu 

  • Learning to know (belajar untuk menguasai pengetahuan),
  • learning to do (belajar untuk mengetahui keterampilan),
  • learning to be (belajar untuk mengembangkan diri), dan
  • Learning to live together (belajar untuk hidup bermasyarakat),

Empat pilar tersebut sangat penting untuk di lakukan, karena dalam konteks ini sebenarnya antara mahasiswa dengan dosen merupakan sebuah subjek yang masih sama-sama belajar. Antara mahasiswa dengan dosen saling mengisi antar satu sama lain. Jika mahasiswa membutuhkan ilmu dari bidang studi yang di ambil maka dosen juga membutuhkan saran dari mahasiswa tentang media pembelajaran yang efektif guna mewujudkan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan dunia. Dengan mewujudkan empat pilar tersebut maka para dosen dan guru diharapkan agar dapat menguasai dan menerapkan teknologi dan informasi  dalam kegiatan belajar dan relasi dengan mahasiswa di lingkunan kampus.

 (Marryono Jamun, 1996) berkembangnya teknologi mengakibatkan pergeseran pada proses pembelajaran yaitu :

  1. Dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja
  2. Dari kertas menjadi online
  3. Dari fasilitas berupa fisik menjadi fasilitas berbasis teknologi atau jaringan.

Dengan munculnya perubahan tersebut maka interaksi antara mahasiswa tidak hanya dengan melalui hubungan tatap muka, akan tetapi juga bisa menggunakan beberapa media teknologi yang tersedia sekarang ini, seperti melalui daring atau video call. Dengan begitu dosen dapat memberikan layanan kepada mahasiswa tanpa berhubungan antar satu sama lain. 

Begitu juga dengan mahasiswa, mahasiswa dapat menggali informasi dalam ruang lingkup yang sangat luas di media maya atau internet. Hal ini dapat menjaga erat hubungan relasi antar mahasiswa dan dosen walaupun terpisah oleh sebuah jarak yang mengharuskan kita untuk terus melakukan isolasi mandiri seperti keadaan sekarang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun