Mohon tunggu...
Nabilla Yusuf
Nabilla Yusuf Mohon Tunggu... Freelancer

Menulis, yuk !!

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Definisi Produktif: Memanfaatkan Teknologi Digitalkah?

7 Juni 2020   08:00 Diperbarui: 7 Juni 2020   15:41 377 82 38 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Definisi Produktif: Memanfaatkan Teknologi Digitalkah?
design art by Nabilla Yusuf

Desa setengah Digital

Desa kami terletak sekitar 0KM dari Kota, sepanjang jalan sebelah kanannya terdapat pemandangan sejuk bukit pepohonan, begitupun sepanjang jalan sebelah kirinya, masih tampak tambak-tambak ikan yang dikelola warga yang berbatasan langsung dengan pantai.

Sudah jelas, mata pencaharian warga disini adalah menjual hasil tani dan ternak ikan. Provinsi kami bukan termasuk daerah industri, oleh karenanya masih tinggi persentase pengangguran didaerahku. Selain, bertani dan ternak ikan, sebagian orang juga memiliki usaha dari skill  atau kemampuannya, seperti ahli dalam mengelas, merias, memasak, menjahit, dan lain-lain hingga mereka bisa mendirikan toko atau warung kecil-kecilan.

Bagi millennial atau bahkan orangtua yang sekarang sudah melek digital, mereka biasanya memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan produk mereka atau sekedar menawarkan jasa mereka hingga produknya dikenal hingga seluruh desa di provinsi ini.

Saya adalah salah satu yang memanfaatkan teknologi digital ini, bersama Jaringan Tri Indonesia saya juga ikut andil #KalahkanJarak dengan mempromosikan dan menjual produk wanita dan aksesorisnya. Hasilnya lumayan buat jajan, hehe. Terkadang pemerintah juga ikut andil mensosialisasikan dan mengasah skill masyarakat dalam programnya untuk desa-desa.

Saya pernah ikut program desa tersebut pada tahun 2019, saat itu kami diajarkan membuat roti dan kue dengan konsep home industri. Semoga kedepannya program ini lebih dikuatkan dan diperluas lagi. Dan begitulah sekiranya masyarakat setempat memanfaatkan teknologi digital ini.

Janji Presiden versus Janji Tri

Salah satu program pemerintah yang dijanjikan sewaktu kampanye lalu, yaitu program kartu prakerja. Semenjak pandemi covid19 ini, pemerintah mulai menjalankan program tersebut untuk membantu memberantas pengangguran. Program prakerja bekerja sama dengan instansi pembelajaran lokal yang kemudian apabila sudah selesai mengikuti semua kelasnya, pemerintah akan mengirimkan insentif. Sampai saat ini baru tiga gelombang yang selesai dijalankan. Gelombang keempat harus menunggu aba-aba dari staff prakerja untuk jadwal pembukaannya.

Nah, dengan Perdana AlwaysOn yang selalu saya persiapkan, saya rasa sangat cocok untuk mengikuti kelas prakerja, karena dibutuhkan sinyal yang stabil dan anti buffering. Perlu diketahui bahwa kelas yang diikuti harus dari awal sampai selesai, supaya mendapat sertifikat juga sebagai salah satu syarat pencairan insentif. Dengan jaringan baru Tri, lebih luas dan lebih kuat(bisa cek https://bit.ly/2XqKZMI), maka dipastikan bisa #KalahkanJarak tanpa buffering, bisa ikut pelatihan online #dirumahaja.

Maniak Streaming hingga bergabung dengan Kompasiana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN