Mohon tunggu...
PMM UMM Kelompok 48 Gel.10
PMM UMM Kelompok 48 Gel.10 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Universitas Muhammadiyah Malang

Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Atasi Kesulitan Belajar, PMM UMM Adakan Pembelajaran Menggunakan Media Manipulatif

23 Oktober 2022   19:07 Diperbarui: 23 Oktober 2022   19:14 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembuatan Media Manipulatif Papan Perkalian bersama anak Yayasan Bina Asih Tunas Unggul. (Dokpri)

Masyarakat Mahasiswa (PMM) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kelompok 48 Gelombang 10 yang beranggotakan Nabilla Nur Amanah, Sinta Rohmawati, Novita Ngesti Cempaka Sari, Selvi Amalia, dan Dimas Aria Ferdiansyah. Mengadakan kegiatan pembelajaran pembelajaran matematika perkalian melalui media manipulatif, yang dilakukan di Yayasan Bina Asih Tunas Unggul tepatnya berada di Jl. Arjuna No.126, Torongrejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yaitu Bu Dyah Worowirastri Ekowati, S.Pd., M.Pd.

Sebelum dilaksakannya Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Malang, tim PMM melakukan survei ke tempat yayasan, guna memperoleh informasi tentang permasalahan yang dihadapi oleh Yayasan Bina Asih Tunas Unggul. Dan didapatkan permasalahan yang dihadapi yayasan tersebut adalah anak-anak yayasan mengalami kesulitan dalam pembelajaran Matematika tepatnya pada materi perkalian.

Kegiatan pembelajaran menggunakan media manipulatif ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu anak-anak Yayasan Bina Asih Tunas Unggul dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi pada pembelajaran matematika khususnya materi perkalian. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dirancang oleh TIM PMM Kelompok 48 Gelombang 10.

Media Manipulatif sendiri merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan tujuan untuk membantu siswa dalam mengeksplorasi ide secara aktif oleh siswa serta membantu memperjelas konsep atau perngertian contoh benda. Dengan permasalahan tersebut tim PMM Bhaktimu Negeri yang dikoordinatori oleh Nabilla Nur Amanah memperkenalkan media manipulatif sebagai alat bantu dalam menyelesaikan persoalan Matematika khususnya pada materi perkalian.

Sosialisasi Media Manipulatif (Dokpri)
Sosialisasi Media Manipulatif (Dokpri)

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum'at, 14  Oktober 2022. Tim PMM  pertama-tama melakukan sosialisasi tentang Media Manipulatif yang disampaikan langsung oleh anggota tim PMM Novita Ngesti Cempaka Sari bersama Dimas Aria Ferdiansyah. Pada tahap sosialisasi ini Novita dan Dimas memberikan ulasan tentang apa yang dimaksud dengan media manipulatif, tujuan media manipulatif, cara pembuatan media manipulatif, serta bagaimana cara menggunakan media manipulatif sebagai bahan pembelajaran.

Membuat media manipulatif bersama anak-anak yayasan (Dokpri)
Membuat media manipulatif bersama anak-anak yayasan (Dokpri)

Kemudian Setelah selesai pengenalan dan pemberian tutorial anggota Tim PMM Sinta Rohmawati bersama Selvi Amalia mengajari dan mendampingi anak-anak Yayasan Bina Asih Tunas Unggul  dalam pembuatan dan pengoperasian media manipulatif papan perkalian. Dengan menggunakan media manipulatif, anak-anak yayasan mampu menyelesaikan persoalan matematika pada materi perkalian dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti.

Pengoperasian Papan Perkalian bersama anak-anak yayasan (Dokpri)
Pengoperasian Papan Perkalian bersama anak-anak yayasan (Dokpri)

Di setiap kegiatan, seluruh anggota PMM bekerjasama dan saling membantu untuk menyukseskan kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya bisa memberikan kemajuan dan peningkatan pemahaman anak-anak yayasan dalam pembelajaran Matematika perkalian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun