Mohon tunggu...
Nabillah Sitompul
Nabillah Sitompul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelaksanaan KKN UPI Melalui Program Kampus Mengajar di SDN 010115 Orika

24 September 2021   12:54 Diperbarui: 24 September 2021   12:58 75 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) berbagai desa/kota di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. 

Adapun ruang lingkup Program Kampus Merdeka mencakup pembelajaran di semua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan bantuan administrasi manajerial sekolah. Tujuan dilaksanakannya program Kampus Merdeka adalah memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di Sekolah Dasar sekitar desa/kota tempat tinggalnya. 

Secara rinci, tujuan Program Kampus Mengajar adalah:

1. Menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada di sekitarnya.

2. Mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi.

3. Mengembangkan wawasan, karakter, dan softskill mahasiswa.

4. Mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

5. Meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Sekolah yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar adalah seluruh sekolah yang ada di Indonesia, dan diutamakan daerah 3T. Program ini dilakukan secara Luring sesuai dengan kondisi sekolah masing - masing. Adapun salah satu Sekolah Dasar yang menjadi tempat dijalankannya Program Kampus Mengajar yakni Sekolah Dasar Negeri 010115 yang terletak di Desa Orika, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Sebelum Program Kampus Mengajar dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu melakukan Analisis Kebutuhan di sekolah yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh gambaran mengenai proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah berserta kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran.

Berdasarkan Analisis Kebutuhan yang dilakukan, sekolah tersebut menempati lokasi yang jauh dari perkotaan. Selain itu, sekolah tersebut terletak di pinggir pemukiman warga Desa Orika, maka dari itu di samping kanan bangunan sekolah adalah perumahan warga dan disamping kiri, dan depan bangunan adalah sawit milik PTPN IV dan terdapat aliran sungai. 

Jalanan menuju sekolah tersebut cukup baik tetapi hanya jalanan pasir biasa. Hanya saja, ketika melewati gerbang sekolah terdapat tanjakan yang berbatu. Akses jaringannya pun cukup baik, hanya saja, apabila listrik/PLN mati maka, jaringan pun ikut terganggu dan hilang total. Sekolah tersebut menyandang Akreditasi C dengan Nomor SK Akreditasi 1452/BAN-SM/SK/2019 dan tanggal SK Akreditasi 12-12-2019 dan berstatus Negeri yang di dirikan pada tanggal 31 Desember 1967 dengan Nomor SK Pendirian 050/1079-I/1967. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan