Mohon tunggu...
Nabilatzatzabilahidayat
Nabilatzatzabilahidayat Mohon Tunggu... penulis biasa

اللهم صلي علا محمد

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan Islam di Era Milenial

4 Juli 2020   12:54 Diperbarui: 4 Juli 2020   14:32 55 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial

Dari yang kita semua tahu bahwa  arus perkembangan globalisasi telah melahirkan banyak sekali generasi-generasi yang unik , seperti contohnnya generasi gaget , istiah yang tepat untuk menandai para generasi milenial yang ada pada saat ini . arti gadget sendiri sebenarnnya adalah sebuah peralatan teknologi yang bisa memudahkan kita untuk melakukan komunikasi . namun di era saat ini seolah-olah seperti high-technology yang keberdaannya tidak dapat di pisahkan dari kehidupan saat ini .Pendidikan islam sendiri adalah sebagai sebuah system pendidikan , yang sudah tidak diragukan lagi memiliki kontribusi yang cukup baik untuk membantu dalam pembentukan krakter bangsa , dengan berbagai macam strategi dan metode yang sangatt baik dan sangat megesankan serta sangat meyakinkan . seperti yang terlihat pada system pengajarannya pendidikan islam yang bukan saja mencapai tingkat kecerdasan , melainkan mencapai tingkat insane yang insan kamil dan paripurna yang di sertai dengan keimanan dan akhlak yang baik , dalam proses pencapainnya pun bukan hanya menjadi beban seorang guru, justru tanggung jawab pertama dalam proses pembentukan karakter ada pada orang tua , terutama ibu karna ibu adalah madrasah , dan keluarga adalah sarana utama bagi anak anak mereka . karakter dan akhlak tidak memiliki perbedaan yang signifikan , kedua nya mempunyai arti dan makna yang sama. Karena keduanyaanya adalah suatu tindakan ya

ng terjadi tanpa adanya lagi pemikiran , karna sudah tertanam dalam pemikiran, dengan kata lain keduannya di sebut dengan kebiasaan .Pengertian karakter menurut pusat bahasa Depdiknas adalah " bawaam , hati , jiwa , kepribadian ,sifat , tabiat , tempramen , watak " sedangkan berkarakter adalah berkepribadian , berperiaku , bersifat , bertabiat dan berwatak ." menurud Tadkiroatum Musyfiroh (UNY ,2008 )

menurud T.Rmli ( 2003 ) , pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak . tujuannya adalah membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik , warga masyarakat , dan warga Negara yang baik .adapun criteria manusia yang baik , warga masyarakat yang baik dan warga Negara yang baik bagi suatu masyarakat atau bangsa secara umum adalah  nilai-nilai sosial tertentu , yang banyak di pengaruhi oleh budaya masyarakat dan bangsa nya . oleh karena itu hakikat dari sebuh pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber daya budaya bangsa sendiri dalam rangka membina kepribadian generasi muda . nilai-nilai pendidikan yang dikembangkan di Indonesia yaitu bersumber dari agama , pancasila , budaya  dan tujuan pendidikan nasionl yaitu 1) religious 2) jujur 3) toleransi 4) disiplin 5) kerj keras 6) kreativ 7) mandiri 8) demokratis 9) rasa ingin taahu 10) semangat kebangsaan 11) cinta tanah air  dan lain sebainnya,

pada saat ini Indonesia sedang di hadapkan pada permasalahan melemahnya karakter bangsa , hal itu terlihat dari berbagai macam persoalan-persoalan yang terlihat seperti , kalah daya jual produk dengan produk asing yang masuk ke Indonesia , lemahnnya semangat juang generasi muda , korupsi dan lain sebagainnya .  dan menimbulkan dampak nnya seperti lemahnnya daya saing Indonesia di tingkat internasional dan terpuruknnya emge Indonesia di kaca internsional . kecanggihan teknologi akhir ini hampir merubah tatanan pola piker bagi masyrakat di Indonesia  di semua kalangan .seolah-olah sebagai lat high -- technology  dan menjadi bagian penting di kehidupan mereka . kemerosotan moral yang dialami masyarakat  da sekolah seiring masuknnya nilai --nilai budaya global seperti hadirnnya generasi milenial ( generasi yang menjadikan teknologi informasi sebagai gaya hidup ) yang tidak banyak dari mereka yang melihat dampak serta memilah yang baik dan yang buruk untuk digunakan. Konsep pendidikan karakter sudah adah sejak zaman rasulullah SAW sebagai  menyempurna akhlak bagi umatnya karakter dalam islam adalah sasaran utama dalam pendidikan islam , hal ini dapat dilihat dari hadist nabi yang menjelaskan tentang keutamaan pendidikan akhlak salah satunya hadist berikut adalah " ajarilah anak-anak kebaikan dan didiklah" hal ini memmunculkan konsep pendidikan islam yang koperensif dan nilai budaya yang baik , pendidikn karakter bangsa merupakan bagian intergral yang tidak terpisahkan dari pendidikan nasional secara utuh , pendidikan krakter merupakan tanggung jawab bersama , pemerintah, masyarakat , sekolah dan orang tua . pendidikan agama islam sendiri memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter bangsa dengan berbagai strategi , pendekatan dan metode yang cukup mendasar agar pendidikan karakter bisa berhasil dengan baik an-Nahlawi telah merumuskan strategi penanaman pengetahuan dan nilai diantaranya a)mendidik dengan qurani dan nabawi b) mendidik dengan kisah quran dan nabawi c)mendidik melalui perumpaman d)mendidik melalui keteladanan e)mendidik melalui praktek dan perbuatan f)mendidik melalui ibrah dan mauziah g)mendidik melalui targhib dan tarhib.




VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x