Mohon tunggu...
Nabilatul Afiyah
Nabilatul Afiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Seorang penulis hanya memulai sebuah buku, pembaca menyelesaikannya -anonim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manifestasi Asistensi Mengajar di SMA Laboratorium UM

25 Juni 2022   14:09 Diperbarui: 25 Juni 2022   14:27 187 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa Asistensi Mengajar bersama Tenaga Pendidik SMA Laboratorium UM

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta membelajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi pendamping guru di sekolah serta membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan iptek, Universitas Negeri Malang membuka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk para mahasiswanya, khususnya untuk mahasiswa bidang kependidikan. Pelaksanaan kegiatan asistensi mengajar pada semester genap ini dilaksanakan kurang lebih empat bulan, terhitung sejak tanggal 14 Maret 2022 hingga 11 Juli 2022, dan empat bulan setengah jika dihitung dari kegiatan observasi yaitu 26 februari 2022 hingga 11 juli 2022. Kegiatan yang dikenal dengan singkatan AM ini dilaksanakan secara offline di sekolah-sekolah mitra UM. Pada kesempatan kali ini, penulis berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan asistensi mengajar di SMA Laboratoriun Universitas Negeri Malang yang terletak di Jl. Bromo No. 16, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Mengacu pada tujuannya, program-program kegiatan asistensi mengajar diantaranya meliputi aspek akademik, adaptasi teknologi, non akademik, dan administrasi sekolah. Kegiatan asistensi mengajar diawali dengan kegiatan observasi pada tanggal 26 februari 2022, dimana mahasiswa setiap perwakilan jurusan pada tim asistensi mengajar yang ditempatkan di SMA Laboratorium UM, hadir disekolah untuk melakukan observasi sekolah. Observasi dilakukan melalui pengamatan secara langsung di sekolah, wawancara dengan KTU dan guru pamong. Hasil dari observasi digunakan untuk pertimbangan perancangan program kerja AM di SMA Laboratorium UM. Kemudian, hasil observasi dijadikan pedoman untuk melakukan perancangan program kerja. Serangkaian program kerja yang dirancang dan dikaji yakni meliputi aspek akademik, adaptasi teknologi, non akademik, dan administrasi sekolah. Perancangan program kerja ini dilaksanakan dalam rentang waktu setelah observasi dilakukan hingga kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan.

program kerja AM terlebih dahulu diajukan untuk didiskusikan bersama tim, untuk kemudian dikaji dan disetujui oleh dosen pembimbing dan guru pamong melalui kegiatan Forum Group Discussion (FGD). Kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dilaksanakan pada tanggal 14 maret 2022 di Aula SMA Laboratorium UM, dengan menghadirkan Kepala Sekolah SMA Laboratorium UM, Guru Pamong, KTU, Dosen Pembimbing, dan Mahasiswa Peserta AM.

Suasana Forum Group Discussion (FGD)
Suasana Forum Group Discussion (FGD)

Pada pelaksanaannya, rincian aspek akademik diantaranya yaitu membuat perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, media pembelajaran (power point, modul pembelajaran, dan video pembelajaran), LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), soal evaluasi dan instrumen penilaian. Pelaksanaan pembelajaran kegiatan Asistensi Mengajar di SMA Laboratorium UM dilaksanakan selama 17 minggu. Pada minggu pertama mahasiswa mengembangkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran dan praktik mengajar dimulai pada minggu ke 2, sehingga total pertemuan di kelas ada 6 pertemuan. Terdapat juga kegiatan pembimbingan olimpiade yang dilaksanakan setiap seminggu dua kali. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan dengan kegiatan Lesson Study yang merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip saling membantu untuk membangun masyarakat belajar.  

Suasana Kegiatan Belajar-Mengajar
Suasana Kegiatan Belajar-Mengajar

Pada aspek adaptasi teknologi program kerja yang dilakukan diantaranya yaitu penggunaan Zoom Meeting dan Google Meet untuk pembelajaran Blended Learning (Daring dan Luring); penggunaan Liveworksheet, Google Earth, Quiziz dan Google form untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; pengelolaan Google drive sebagai tempat pengumpulan tugas; serta publikasi Google Site sebagai platform bahan ajar. Kemudian pada aspek non akademik diantaranya yaitu pengelolaan laboratorium virtual geography; morning motivation; dan kegiatan pondok ramadhan. Sedangkan pada aspek administrasi sekolah diantaranya yaitu piket tata tertib guru dan pengelolaan jurnal mengajar.

Suasana Kegiatan Morning Motivation 
Suasana Kegiatan Morning Motivation 

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa mengikuti kegiatan AM. karena melalui kegiatan AM ini, saya dapat mem-build up kemampuan softskills dan hardskills, khususnya pada kemampuan dan keterampilan mengajar. Selain itu, saya berharap agar kedepan dapat lebih maksimal lagi dalam membawa diri khususnya di lembaga satuan pendidikan, sehingga dapat memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat dan lebih baik”, ucap salah satu mahasiswa Asistensi Mengajar di SMA Laboratorium UM 2022.

Dalam kegiatan yang bernuansa formal dan terstruktur ini, para peserta memiliki antusias yang cukup tinggi dalam mengikuti seluruh kegiatan yang ada. Para mahasiswa melaksanakan dan menyelesaikan seluruh program kerja yang disampaikan pada kegiatan FGD dengan baik, memberikan kelegaan bagi seluruh mahasiswa dan sekolah mitra UM.

Pewarta: Nabilatul Afiyah – Mahasiswa Asistensi Mengajar Jurusan Geografi 2019 UM

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan