Mohon tunggu...
Nabila Tuchfatus
Nabila Tuchfatus Mohon Tunggu... Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Currently Studying Informatic Engineering Education at UM.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembukaan KKN UM 2021 Edisi Covid-19 di Desa Madiredo, Pujon, Kabupaten Malang

14 Juni 2021   16:00 Diperbarui: 14 Juni 2021   16:24 319 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan KKN UM 2021 Edisi Covid-19 di Desa Madiredo, Pujon, Kabupaten Malang
Perangkat Desa & Mahasiswa UM dalam Pembukaan KKN di Desa Madiredo, Pujon-dokpri

Jumat, 11 Juni 2021, sejumlah 15 mahasiswa asal Universitas Negeri Malang melakukan acara pembukaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Balai Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. KKN adalah bentuk kegiatan yang mengintegrasikan antara pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di suatu Desa yang dilakukan oleh Mahasiswa secara pragmatis melalui pendekatan interdisipliner. KKN UM di tahun 2021 ini mengusung tema "Dari Manapun, Mahasiswa Membuat Produk Karya Pengabdian".

Acara pembukaan ini dimulai pukul 19.00 WIB yang dihadiri oleh Mahasiswa KKN dan Perangkat Desa seperti Kepala Desa, Sekretaris Desa, hingga beberapa Kepala Dusun yang ada dalam Desa Madiredo. Karena masih dalam era pandemi Covid-19, serangkaian acara dan kegiatannya tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, berjaga jarak, dan menggunakan handsanitizer sebelum memasuki ruangan Balai Desa.  Adapun susunan acara yang dilaksanakan yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan, hingga pembacaan Program Kerja.

Kegiatan yang dipandu oleh MC-dokpri
Kegiatan yang dipandu oleh MC-dokpri

Pembukaan KKN ini dipandu oleh MC Nadhea Landyca, disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh saudari Ayu Fajria, dan dilanjut sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama berasal dari Kepala Desa Madiredo, Bapak Mahfud. Dalam sambutannya, Pak Mahfud mengatakan bahwa beliau sangat terbuka atas kerja sama yang dilakukan UM dan Desa Madiredo dalam kegiatan KKN serta menyampaikan beberapa harapan untuk KKN tahun ini. Sambutan yang kedua oleh Bapak Dr. Slamet Raharjo, S.Pd., M.Or. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melalui Google Meet karena beliau berhalangan hadir ke Desa. Dalam sambutannya, Pak Slamet menyampaikan terima kasih ke pihak desa, menyampaikan beberapa pesan untuk mahasiswa, dan menitipkan mahasiswa KKN kepada Perangkat Desa Madiredo. 

Sambutan oleh Dosen Pembimbing Lapangan-dokpri
Sambutan oleh Dosen Pembimbing Lapangan-dokpri

Setelah sambutan-sambutan selesai, Koordinator Desa (kordes) yang diduduki oleh saudara Taufik Hidayatullah pun memaparkan 9 program kerja yang akan dilaksanakan di Desa Madiredo selama 45 hari kedepan mulai dari tanggal 11 Juni - 25 Juli 2021.

Kordes Madiredo, Taufik Hidayatullah-dokpri
Kordes Madiredo, Taufik Hidayatullah-dokpri

Adapun beberapa Program Kerja yang sepakat untuk dilaksanakan setelah berdiskusi dengan Dosen Pembimbing Lapangan dan Kepala Desa adalah; Pengembangan pariwisata telaga Madiredo, Pembuatan buku profil desa Madiredo, Pengelolaan website Madiredo, Mengelola TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu), Pelatihan kerajinan tangan, dan lain-lain. Setelah Kordes memaparkan program desa, sampailah ke penghujung acara.

Peresmian Program Kerja KKN Madiredo 2021-dokpri
Peresmian Program Kerja KKN Madiredo 2021-dokpri

Penandatanganan proposal program kerja oleh Kepala Desa Madiredo pun menjadi simbolis peresmian pembukaan KKN UM  2021. Acara pun ditutup dengan sesi doa dan foto bersama para mahasiswa dan perangkat Desa Madiredo yang berakhir pukul 20.00 WIB.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN