Mohon tunggu...
Nabila Nuurussyifa
Nabila Nuurussyifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Mahasiswa UIN sunan kalijaga 2022

22107030033

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Melakukan Medical Check Up

16 Maret 2023   15:04 Diperbarui: 16 Maret 2023   15:06 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar:  www.mitrakeluarga.com

Kesehatan adalah hal yang sangat berharga dalam hidup kita. Tanpa kesehatan yang baik, kita tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan produktif. Namun, banyak orang yang mengabaikan kesehatan mereka dan baru peduli ketika sakit atau mengalami gejala penyakit tertentu.
 
Padahal, ada banyak penyakit yang tidak menunjukkan gejala di awal tapi bisa berakibat fatal jika tidak ditangani segera. Contohnya adalah penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, kanker, dan lain-lain. Penyakit-penyakit ini bisa dicegah atau dikendalikan jika kita rutin melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.
 
Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang dilakukan oleh dokter untuk mengetahui kondisi tubuh kita secara umum. Medical check up biasanya meliputi pemeriksaan fisik seperti tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, tinggi dan berat badan; pemeriksaan laboratorium seperti darah lengkap, gula darah puasa dan setelah makan, profil lipid (kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida), fungsi hati dan ginjal; serta pemeriksaan penunjang seperti EKG (elektrokardiogram), USG (ultrasonografi), foto rontgen dada atau tulang belakang.
 
Selain itu, medical check up juga bisa mencakup pemeriksaan khusus sesuai dengan kebutuhan atau faktor risiko masing-masing individu. Misalnya saja tes pap smear untuk perempuan usia 21 tahun ke atas untuk mendeteksi adanya sel abnormal di leher rahim; tes PSA (prostate specific antigen) untuk laki-laki usia 50 tahun ke atas untuk mendeteksi adanya pembesaran prostat; tes HIV/AIDS untuk orang yang memiliki perilaku seksual berisiko; atau tes genetik untuk orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit bawaan tertentu.
 
Medical check up memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat medical check up:
 
1. Mendeteksi adanya gangguan atau penyakit sejak dini sehingga bisa ditangani lebih cepat dan efektif
2. Mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh sehingga bisa mengambil langkah preventif atau kuratif sesuai dengan hasilnya
3. Mencegah timbulnya komplikasi atau penyakit kronis akibat dari gangguan atau penyakit yang tidak terdeteksi
4. Memantau perkembangan pengobatan atau terapi bagi orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu
5. Menyadarkan kita akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat seperti makan bergizi seimbang, olahraga teratur, tidur cukup, tidak merokok dan minum alkohol
 
Sebelum melakukan medical check up, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dan lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti:
 
1. Informasikan kepada dokter tentang tujuan kamu melakukan medical check up, apakah untuk pemeriksaan rutin, pemantauan penyakit, rencana menikah, syarat kerja atau sekolah, atau tujuan khusus lainnya
2. Informasikan juga kepada dokter tentang keluhan atau gejala yang kamu alami (jika ada), riwayat penyakit kamu sendiri maupun keluarga, obat-obatan yang sedang kamu konsumsi (termasuk suplemen dan herbal), alergi yang dimiliki (jika ada), serta peralatan medis yang ditanam di dalam tubuh (jika ada)
3. Tanyakan kepada dokter tentang persyaratan apa saja yang harus dipenuhi sebelum medical check up, seperti puasa minimal 10-12 jam sebelum pemeriksaan darah dan urine; menghindari makanan berlemak, alkohol, kafein, dan rokok sehari sebelum pemeriksaan; menghentikan sementara penggunaan obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter; serta membawa hasil pemeriksaan medis sebelumnya (jika ada)
4. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk medical check up, seperti KTP atau akta kelahiran; paspor asli (untuk tujuan visa); pas foto (ukuran dan jumlah ditentukan oleh pihak imigrasi); surat pengantar dari kedutaan atau instansi terkait; serta kartu perangkat medis (jika ada)
5. Pakailah pakaian yang nyaman dan mudah dilepas saat medical check up. Hindari memakai perhiasan atau aksesori logam lainnya karena bisa mengganggu hasil pemeriksaan penunjang seperti EKG atau USG

6. Datanglah tepat waktu ke tempat medical check up sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Bawalah semua dokumen dan perlengkapan yang dibutuhkan. Ikuti semua instruksi dari dokter dan petugas kesehatan dengan baik

 
Medical check up pada umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Namun, ada beberapa risiko ringan yang mungkin bisa terjadi selama atau setelah proses pemeriksaan. Berikut ini adalah beberapa risiko tersebut:
 
- Rasa nyeri atau memar di area kulit tempat pengambilan sampel darah
- Rasa tidak nyaman saat menjalani tes urine karena harus menahan kencing
- Rasa mual atau pusing saat menjalani tes treadmill karena aktivitas fisik berlebih
- Paparan radiasi saat menjalani foto rontgen meskipun dalam jumlah sangat kecil
- Reaksi alergi terhadap bahan kontras saat menjalani USG
 
Risiko-risiko di atas biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa atau berkepanjangan setelah medical check up, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
 
Hasil medical check up biasanya akan diberikan oleh dokter dalam bentuk laporan tertulis yang berisi hasil pemeriksaan fisik dan laboratorium kamu. Dokter juga akan memberikan penjelasan dan saran mengenai kondisi kesehatan kamu saat ini dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.
 
Jika hasil medical check up menunjukkan adanya gangguan atau penyakit tertentu, dokter akan merujuk kamu ke spesialis yang sesuai untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Dokter juga akan memberikan resep obat jika diperlukan dan menyarankan kamu untuk melakukan pemeriksaan ulang sesuai jadwal yang ditentukan.
 
Jika hasil medical check up menunjukkan bahwa kondisi kesehatan kamu normal dan tidak ada masalah, dokter akan memberikan pujian dan motivasi kepada kamu untuk tetap menjaga gaya hidup sehat. Dokter juga akan mengingatkan kamu untuk melakukan medical check up secara rutin setiap tahun atau sesuai kebutuhan.
 
Biaya medical check up bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah pemeriksaan yang dilakukan. Biaya juga bisa berbeda-beda di setiap fasilitas kesehatan. Secara umum, biaya medical check up berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta per orang.
 
Kesimpulannya, Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang penting dilakukan oleh semua orang untuk
mendeteksi dini adanya gangguan atau penyakit dalam tubuh. Medical check up memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, seperti mencegah komplikasi atau penyakit kronis; memantau perkembangan pengobatan; serta menyadarkan kita akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun