Mohon tunggu...
Nabila Shofia
Nabila Shofia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

pelajar yang aktif dalam setiap kegiatan belajar mengajar di sekolah dan mempunyai ilmu dalam berbahasa inggris, public speaking, dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Korupsi Merajalela, Apakah Bisa Kita Menghindarinya?

26 November 2022   22:05 Diperbarui: 26 November 2022   22:30 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo sobat Kompasiana! Kasus korupsi yang terus bertambah benar-benar bikin khawatir ya. Kerugian kas negara dengan jumlah besar, menjadi bukti bahwa di Indonesia kekurangan orang jujur, adalah beberapa hal yang menjadi dampak dari korupsi. Nah gimana sih caranya agar kita bisa menghindari korupsi dan tidak  menjadi beban negara?

Poin Penting :

1. Jujur

2. Bertanggung Jawab

3. Berani

4. Adil

1. Jujur

Sikap anti korupsi satu ini kayanya sering dianggap remeh deh sama orang-orang. Soalnya, jujur sering dianggap mudah padahal ga semua orang bisa jujur. Misalnya aja nih ya yang paling sederhana nih, murid disuruh beli buku cetak sama guru harganya 30 ribu, masih banyak anak yang ngomong ke orang tuanya kalau harga buku cetak itu 50 ribu atau lebih. 

Nah kan yang kaya gini ini yang jadi bibit korupsi dalam diri kita dan gabisa dianggap sepele ya sob.  Mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk seperti ini dan lebih jujur dalam menyampaikan pesan bisa menjadi salah satu upaya menghindari korupsi. 

dikutip dari: RMOLAceh
dikutip dari: RMOLAceh

2. Bertanggung Jawab

Sobat Kompasiana sering nemuin ga sih orang-orang yang kalau dikasih amanah berupa jabatan atau lainnya tuh gabisa mempertanggungjawabkan amanahnya itu. Contohnya kecilnya nih, orang yang udah dipilih untuk jadi ketua kelas, tapi ga kerja apa-apa dan ga melakukan sesuatu yang sesuai tugasnya di kelas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun