Mohon tunggu...
Nabila SalsabillaFitri
Nabila SalsabillaFitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Kampus Cibiru

Sedang KKN Tematik 2021, dengan DPL Mirawati M,Pd

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembelajaran Online TK Hanya Menggunakan Whatsapp? Mahasiswa UPI Mengenalkan Platform Google Meet

25 Juli 2021   11:35 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:35 49 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembelajaran Online TK Hanya Menggunakan Whatsapp? Mahasiswa UPI Mengenalkan Platform Google Meet
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi Covid-19 tak kunjung usai, akankah saat ini PPKM diperpanjang kembali? Banyak sektor yang terdampak oleh pandemi, salah satunya adalah sektor pendidikan yang tak luput dari dampak PPKM dimasa pandemi covid ini. 

Kegiatan pembelajaran dialihkan menjadi online, maka penggunaan platform digital pada masa ini sangatlah diperlukan. 

Dari berbagai macam pilihan platform yang tersedia tak banyak para pendidik hanya menggunakan satu  platform saja yang terkadang menjadi tidak efektif dan membosankan.

Seperti yang ditemui oleh Nabila Salsabilla Fitri seorang mahasiswi UPI kampus Cibiru yang menjadi salah satu peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI 2021, di Taman Kanak-kanak (TK) sekitar tempat tinggalnya, Ibu Tika menuturkan bahwa "sejak awal pandemi hingga saat ini, pembelajaran online hanya dilakukan melalui whatsapp", "guru berkomunikasi langsung dengan orang tua dan sesekali video call dengan anak yang mogok belajar", dan kepala sekolahpun menyatakan ingin menggunakan platform video telepon namun ragu dan mengurungkan rencananya, tak lain dikarenakan kurang informasi mengenai berbagai pilihan platform digital dan tidak semua orang tua mampu mengikuti/memahaminya.

Dengan penuturan guru dan kepala sekolah tersebut, maka penulis berniat mengenalkan platform  Google Meet untuk guru dan para orang tua yang mendampingi anak selama belajar dari rumah (BDR). Pengenalanpun dilakukan dengan cara membagikan video tutorial penggunaan Google Meet yang dibuat langsung penulis pada grup whatsapp, hal ini dilakukan agar para guru dan orang tua dapat lebih mudah memahami dan dapat menonton video tutorial tersebut kapanpun dan dimanapun secara berulang. 

Pengenalan Google Meet ini cukup membuat antusias para guru dan orang tua, para guru langsung mempraktekannya untuk digunakan berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan esok hari. Dengan adanya pengenalan platform Google meet ini diaharapkan dapat memberi warna dalam pembelajaran online di TK selama pandemi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN