Mohon tunggu...
Nabila Safitri
Nabila Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswi Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Fungsi Agama, Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia di Masa Pandemi Covid 19

9 Juli 2020   23:38 Diperbarui: 9 Juli 2020   23:28 18 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi covid 19 ini sudah memasuki Indonesia dan masih beredar di Indonesia. Pemerintah di Indonesia juga sudah membuat berbagai macam solusi dan aturan baru untuk meminimalisir pertumbuhan covid 19 di Indonesia. Salah satunya dengan membuat peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia, dengan tujuan untuk menekan tingkat pertumbuhan Covid 19 di Indonesia. Karena dengan beredarnya pandemi covid 19 di Indonesia, banyak tempat-tempat umum yang ditutup oleh pemerintah. Salah satunya adalah tempat ibadah. Karena diperkirakan tempat ibadah merupakan salah satu tempat yang memicu naiknya tingkat pertumbuhan covid 19 di Indonesia.

Pengertian agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau sering disingkat dengan KBBI, agama merupakan suatu sistem yang mampu mengatur tata keimanan dan kepercayaan serta ibadah pada Tuhan Yang Maha Kuasa disertai dengan tata kaidah yang berkaitan langsung dengan ciri pergaulan manusia dengan manusia lainnya ataupun manusia dengan lingkungan sekitarnya. (sumber: belajargiat.id)

Fungsi Agama

  • Sebagai pedoman hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok.
  • Sebagai sumber aturan tata cara hubungan manusia dengan Tuhannya, dan juga sesama manusia.
  • Sebagai pedoman bagi manusia dalam mengungkapkan rasa kebersamaan dengan sesama manusia.
  • Sebagai cara manusia mengungkapkan estetika/ keindahan alam semesta dan segala isinya.
  • Sebagai cara untuk memberikan identitas kepada manusia sebagai umat dari suatu agama.

(sumber: maxmanroe.com)

Hubungan fungsi agama tersebut dengan hak dan kewajiban manusia adalah dengan adanya fungsi-fungsi agama tersebut, manusia memiliki pedoman dalam berkehidupan. Kemudian, dengan adanya fungsi agama juga dapat sebagai pedoman bagi manusia dalam mengungkapkan rasa kebersamaan dengan sesama manusia. Maka, hubungannya dengan pandemi covid 19 ini adalah, jika manusia berpedoman pada agama nya masing-masing maka manusia akan dapat mengontrol segala emosi dan rasa egoisme dalam pribadi masing-masing. Karena, di setiap agama pasti mengajarkan kebaikan.

Daftar pustaka

https://belajargiat.id/agama/

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-agama.html

VIDEO PILIHAN