Mohon tunggu...
Nabila Rizka Awalia
Nabila Rizka Awalia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Masih belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Kebanksentralan | Kredibilitas Bank Sentral

11 November 2021   17:46 Diperbarui: 11 November 2021   23:58 144 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh. Hallo, teman-teman! Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit materi seputar kebanksentralan Indonesia. Selamat membaca :)

Bank Sentral merupakan instrumen penting dalam kaitannya sebagai lembaga yang mempunyai otoritas moneter. Di hampir setiap negara di dunia pasti memiliiki Bank Sentral masing-masing, dengan tugas dan wewenang yang berbeda-beda. 

Salah satu contoh bank sentral yaitu Bank Indonesia yang di mana merupakan lembaga yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya, Bank Sentral harus memiliki kredibilitas yang tinggi yang dimana harus ditunjang dengan adanya independensi, akuntabilitas, dan transparansi tersendiri.

Di Indonesia, masalah kredibilitas, independensi, serta akuntabilitas telah menjadi permasalahan yang cukup alot dan panjang, baik dari segi perencanaan, pengesahan, maupun dalam praktiknya dikarenakan setiap kebijakan yang dibuat pasti memiliki kekurangan dan kelebihan.

Berkaitan dengan hal-hal tersebut, permasalah kredibilitas, independensi, serta akuntabilitas bank sentral ini selalu mengalami distorsi dari pihak-pihak yang berkepentingan, baik itu dari pemerintah maupun dari kelompok tertentu. 

Sehingga jika menilik sejarah Bank Sentral di Indonesia, permasalahan tentang ketiga aspek tersebut selalu berubah yang disebabkan adanya konflik kepentingan yang dilakukan oleh-oleh orang yang ingin memanfaatkan Bank Indonesia sebagai alat atau mesin uang.

Di sini saya tidak akan membahas terlalu jauh, yaa... mungkin cukup seputar kredibilitas Bank Sentral. Hal-hal lain terkait independensi dan akuntabilitas akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya.

KREDIBILITAS BANK SENTRAL


Dalam kamus ekonomi kredibilitas merupakan suatu kondisi yang dapat dipercaya dan bisa dipertanggung jawabkan sebagaimana mestinya atau dapat disederhanakan menjadi perbuatan yang sesuai dengan perkataan. 

Sedangkan kredibilitas bank sentral dapat didefinisikan sebagai komitmen bank sentral untuk mengikuti aturan dan tujuan kebijakan yang telah diartikulasikan dan transparan. 

Kredibilitas bank sentral juga dapat diartikan sebagai ukuran mengenai bagaimana pembuat kebijakan bisa mempengaruhi kejadian-kejadian di masa mendatang dengan memberikan pengunguman mengenai kebijakan  yang akan dilakukan saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan