Mohon tunggu...
Nabila Ramadhania
Nabila Ramadhania Mohon Tunggu... haiii:)

mulailah menulis hal-hal sederhana.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pesona Gua Batu Hapu Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan

9 Januari 2020   08:37 Diperbarui: 9 Januari 2020   08:45 39 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Gua Batu Hapu Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan
sumber : dutatv.com

Tidak hanya pesona keelokan aliran sungainya saja, Kalimantan Selatan juga memiliki pesona alam lainnya berupa gua alami yang terletak di Desa Batu Hapu. Gua Batu Hapu adalah objek wisata yang terletak di dekat pasar Binuang, desa Batu Hapu, kecamatan Hatungun, kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Lokasinya dapat diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor dan berjarak sekitar 154 km dari kota Banjarmasin dan sekitar 43 km dari kota Rantau. Gua Batu Hapu berjarak sekitar 80 km dari Bandara Internasional Syamsudin Noor di kota Banjarbaru atau 110 km dari Banjarmasin ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Gua Batu Hapu dari pasar Binuang masuk sejauh 16 km. Walaupun terletak di pedesaan, jalan menuju lokasi Gua Batu Hapu tergolong baik dan layak dilalui kendaraan bermotor.

Suasana pedesaan dan nuansa alam pegunungan dengan udara yang sejuk dan segar akan menemani kamu selama perjalanan menuju lokasi Gua Batu Hapu. Sesampainya di lokasi wisata Gua Batu Hapu, kamu dapat langsung memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang tersedia di dekat pos penjagaan.

Dari tempat parkir, kamu masih harus berjalan kaki menaiki puluhan anak tangga untuk dapat sampai menuju lokasi utama gua yang berada di tengah-tengah bukit.

Gua Batu Hapu merupakan gua yang mempunyai panorama luar biasa, dihiasi oleh stalagtit dan stalagmit di dalamnya yang membuat menarik para wisatawan untuk mendatangi dan membuktikan sendiri keindahannya.

Namun dibalik keindahannya tersebut, asal usul terjadinya Gua Batu Hapu ini masih menjadi misteri dan mitos bagi masyarakat setempat. Menurut penduduk sekitar, cerita terbentuknya Gua Batu Hapu mirip dengan cerita Malin Kundang dari Padang, Sumatera Barat.

Gua Batu Hapu terbentuk dari puing-puing kapal milik seorang anak durhaka bernama Angui. Angui yang telah sukses dan menikahi seorang putri raja dalam perantauannya tidak mau mengakui ibu kandungnya, seorang janda miskin yang bernama Nini Kudampai ketika kembali ke kampung halamannya. Sang ibu akhirnya murka dan kemudian mengutuk anaknya menjadi batu yang kini menjadi Gua Batu Hapu. 

Meskipun Gua Batu Hapu terkenal dengan cerita mitosnya, keindahan yang disuguhkan Gua Batu Hapu tetap menarik untuk ditelusuri. Keberadaan Gua Batu Hapu di tengah-tengah pegunungan membuat suasana disekitar gua terasa sejuk dan asri.

Ada dua bibir gua yang sudah terhubung dengan tangga beton sehingga memudahkan pengunjung masuk ke gua. Kesan pertama yang akan kamu rasakan saat memasuki Gua Batu Hapu mungkin sedikit mistis dan menyeramkan karena gelap. 

Disarankan untuk kamu yang ingin berkunjung ke Gua Batu Hapu agar mempersiapkan lampu senter atau headlamp karena tidak ada penerangan di dalam gua. Namun, ketika siang hari barulah masuk pantulan sinar matahari ke dalam langit-langit gua yang berlubang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN