Mohon tunggu...
Avana
Avana Mohon Tunggu... Novelis - -

Membaca adalah jendela dunia

Selanjutnya

Tutup

Home

5 Tips Memilih Rak Buku yang Tidak Bikin Sempit dan Berantakan

3 November 2022   14:56 Diperbarui: 9 November 2022   16:11 560
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya termasuk orang yang suka membaca buku jika ada waktu luang. Menurut saya, membaca buku bisa meningkatkan sisi imajinatif dan kreatif. 

Meskipun banyak sisi positifnya, saya juga merasakan sisi negatifnya. Soalnya, koleksi buku yang saya beli bisa membuat kamar jadi berantakan. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi sebelum saya menata seluruh buku tersebut di dalam rak.

Yap! Setelah saya mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya saya memutuskan untuk membeli rak buku sederhana supaya kamar tidur jadi lebih rapi dan tidak sumpek. Berdasarkan pengalaman membeli rak tersebut, saya menemukan beberapa tips yang bisa dibagikan supaya teman-teman tidak salah pilih.

1. Pertimbangkan Jumlah Buku

Hal pertama yang saya lakukan dalam memilih rak  adalah mempertimbangkan jumlah buku yang saya miliki. Misalnya, saya biasa menghabiskan 1 buku dalam jangka waktu membaca sebulan. Artinya, saya hanya akan memiliki buku baru sebanyak 12 buah di dalam satu tahun.

Maka dari itu, saya memilih rak buku tingkat dengan banyak sekat. Namun, jika frekuensi membaca bukumu lebih sering seperti 2-3 buku dalam sebulan, maka bisa pilih yang tanpa sekat supaya lebih leluasa dalam menata buku di rumah.

Sumber: ruparupa.com
Sumber: ruparupa.com

2. Tentukan Ukurannya

Jika sudah mengetahui perkiraan jumlah buku, maka kamu bisa menentukan ukurannya. Kalau saya sendiri, kemarin mengukur luas kamar tidur terlebih dulu karena ingin meletakkannya di dalam kamar. Pastikan jika ukuran raknya tidak terlalu besar agar masih menyisakan ruang gerak.

Sumber: ruparupa.com
Sumber: ruparupa.com

3. Pilih Material yang Tepat

Ada berbagai material atau bahan rak buku yang bisa kita pilih, seperti besi, kayu, dan kaca. Setiap bahannya sudah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Nah, untuk menentukan bahan, kamu bisa memilih yang sesuai selera. Saya sendiri memilih yang bahannya kayu karena tampilannya sederhana, tetapi tetap cantik dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu, rak buku kayu juga sangat kokoh dan awet pemakaiannya untuk jangka panjang.

4. Tentukan Model Sesuai Gaya Ruang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun