Mohon tunggu...
Nabila Nurul aprila
Nabila Nurul aprila Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah salah satu mahasiswi dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok Kecil 27 KKN Tematik UPI 2022: Upaya Peningkatan Potensi dan Literasi pada Sekolah dan Lingkungan Masyarakat RW 07 Kelurahan Sukarasa

16 Agustus 2022   23:09 Diperbarui: 16 Agustus 2022   23:18 98 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Negara Indonesia memiliki berbagai masalah salah satunya yaitu pengangguran tingkat terbuka, permasalahan tersebut sedang dipersiapkan penanganannya melalui SDGs, untuk mencapai target tersebut diperlukan penanganan program yang berkesinambungan dan konsisten dengan konteks kelokalan. Sesuai dengan tema kelompok KKN Kelompok 27 yaitu Desa Peduli Pendidikan (Pendidikan Sepanjang Hayat). Program di dalamnya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Kegiatan KKN Tematik ini dilaksanakan pada RW 07 di Kelurahan Sukarasa dan juga lembaga pendidikan di dalamnya. Tahun ajaran baru 2022/2023 telah dimulai. Sebagian besar sekolah telah memiliki kesiapan yang baik untuk menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 Persen begitu pula pada  SD Harapan 212 telah melaksanakan kegiatan PTM secara 100 persen. Pada tanggal 18 Juli 2022 sampai dengan 22 Juli 2022 telah dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimana kelompok kecil KKN 27 berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut bekerja sama dengan sivitas sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan pada saat MPLS yaitu diantaranya pengenalan lingkungan sekolah, staff, kepramukaan sebagai kegiatan wajib, ekstrakuliker dan juga kegiatan keagamaan.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Sesuai dengan tema Pendidikan Sepanjang Hayat, kelompok 27 memberikan edukasi mengenai pemilihan serta pengelolaan sampah, tujuan dari edukasi tersebut adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan sejak dini akan urgensi dari sampah yang ada di negara kita, untuk lingkup kecilnya adalah lingkungan rumah dan juga sekolah. Banyak dari siswa siswa yang belum bisa membedakan mana sampah organik dan juga anorganik. Diharapkan edukasi yang diberikan dapat menambah pengetahuan baru dan juga mampu di implementasikan di kegiatan sehari hari.

“Kami merasa terbantu dengan adanya adik adik KKN UPI yang telah ikut berkontribusi dalam pelaksaanaan program MPLS di SD kami, dan juga telah memberikan edukasi mengenai lingkungan diharapkan menambahkan wawasan kepada siswa siswa disini, menambah keceriaan dan suasana baru di sekolah.” Ucap bu Betty Wakil Kepala Sekolah Bidang Kemahasiswaan.

Kegiatan selanjutya yaitu pelaksanakan di lingkungan warga RW 07, Kelompok Kecil KKN 27 membuat kelompok belajar tingkat SMP dan juga sosialisasi mengenai bimbingan karier, kenakalan remaja, literasi keuangan dan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) serta pembiasaan program literasi, lalu dilaksanakan pula perawatan kebun warga dan poskamling.

dokpri
dokpri

Penulis : Farissa Abiyyah, Gardiana, Julian Noviandri DwiPutra, Nabila Nurul Aprila

Dosen Pembimbing : Dery Rimasa, M.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan