Mohon tunggu...
Nabil Andarasta
Nabil Andarasta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penyampaian berita

Berbagi bermacam informasi

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Whatsapp Sebagai Peluang Besar dalam Membangun Sebuah Bisnis

12 Mei 2022   11:45 Diperbarui: 12 Mei 2022   14:46 430
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi WhatsApp | slashgear.com via kompas.com

 

Pada tahun 2022 media sosial memiliki perann yang sangat penting dalam kemajuan sebuah bisnis terutama dalam berbisni bahan pokok yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi sekarang kebanyakan orang menggunakan internet melalui smartphone mereka. 

Menurut data We Are Social, 95% pengguna media sosial internet aktif menggunakan media sosial. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia diperkirakan mencapai 160 juta. 99% dari mereka mengakses media sosial dari ponsel mereka.

Tidak hanya untuk berinteraksi, internet kini juga digunakan untuk berbelanja berbagai kebutuhan. 52% transaksi online di seluruh dunia dilakukan melalui perangkat seluler. 

Di Indonesia sendiri, 80% pengguna internet berbelanja online melalui perangkat mobile. Hal ini disebabkan munculnya berbagai platform dan aplikasi yang memudahkan konsumen untuk berbelanja online kapan saja, di mana saja, termasuk melalui media sosial.

Melakukan hal jual beli yang di akses melalui media sosial bisa juga disebut sebagai Social Commerce. Whatsapp merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dan juga secara seluruh dunia. Diperkirakan terdapat ada 2 miliar pengguna Whatsapp di 180 negara. 

Dari 2 miliar pengguna ada 50 persen menggunakan Whatapp disetiap harinya. Indoensia sendiri, Whatapp adalah sebuah aplikasi yang paling banyak digunakan dengan total terbanyak pengguna dari aplikasi media sosial lainnya.

Dengan pengguna yang sangat banyak ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Whatapp menjadi sebuah peluang besar bagi para pembisnis. Ditahun 2018, Whatsapp telah membuat Whatsapp Business dengan bertujuan untuk membantu para pembisnis dengan brandnya masing-masing agar dapat membangun sebuah loyalitas pelanggan. 

Kini, lebih dari 5 juta pengguna Whatsapp Business. Masih menjadi bagian dari Sosial Commerce, yang dimana kegiatan dengan melakukan transaksi melalui pesan dapat diartikan sebagai Chat Commers.

Selain marketplace-nya yang luas, WhatsApp juga memungkinkan komunikasi dua arah antara brand dan konsumen, sehingga memudahkan transaksi kedua belah pihak. Selain itu, komunikasi langsung merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen Indonesia untuk membeli barang. Sebagian besar konsumen di Indonesia mengaku lebih percaya diri membeli dari merek yang merespon chat mereka. Ini berarti bahwa bisnis dapat memperoleh kepercayaan pelanggan dengan menerapkan perdagangan obrolan melalui WhatsApp.

Menurut penelitian, menghubungi calon konsumen setelah paparan pertama mereka terhadap suatu merek dapat meningkatkan tingkat konversi mereka sebanyak 113%. Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga komunikasi personal dengan konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun