Mohon tunggu...
Azalea Nabila
Azalea Nabila Mohon Tunggu... :))

heyy

Selanjutnya

Tutup

Travel

Invita 2019 Solo-Yogyakarta

20 Oktober 2019   19:39 Diperbarui: 20 Oktober 2019   19:48 6 0 0 Mohon Tunggu...

Haaallooo guyss, back again with me, Nabnab. Apa kabar? Semoga baik-baik aja yaaa. Di blog saya yang kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti kegiatan Invita. Nah, mungkin beberapa dari kalian belum tau invita itu apasih atau artinya apa. Invita itu kependekan atau singkatan dari Industrial Visit dan Tafakur Alam. Invita ini diadakan saat kita kelas 8, di sekolah saya. Untuk kelas 7-nya mereka menyelenggarakan Wisata Edukasi atau Wisduk, sedangkan kelas 9-nya menyelenggarakan AMT. Nah, tahun ini Invita diselenggarakan di Solo dan Yogyakarta.

Nah, kegiatan Invita ini diselenggarakan pada tanggal 8 Oktober sampai 12 Oktober 2019, tepatnya pada hari Selasa sampai hari Sabtu. Sekitar 2 minggu setelah PTS, jadi refreshing gitu gaiss. Tapi sebelum kegiatan Invita ini diselenggarakan, diadakan terlebih dahulu briefing (kalau tidak salah tulisannya). Tepatnya briefing Invita ini jatuh pada hari Jumat tepatnya tanggal 4 Oktober 2019. Kita (kelas 8) dikumpulkan di Masjid. Kita diberitahukan rundown acara dari awal banget beragkat sampai kita pulang. Lalu kita juga diberitahukan peralatan atau barang-barang yang diperlukan untuk dibawa. Oh iya, Di kegiatan Invita ini kita juga diberikan tugas untuk membuat film pendek atau istilahnya vlog dari awal berangkat sampai pulang. Durasi video ini sekitar 6-7 menit-an lah. Kita juga diberitahu peraturan yang perlu ditaati, contohnya adalah jika kehilangan benda maka harus denda dan sebagainya. Oh iya, kita juga dibagikan kelompok untuk tidur dan kerja kelompok membuat film pendek atau dokumentasi ini (vlog). Untuk kamar terdiri dari 4 orang untuk kerja kelompok terdiri dari 5-6 orang. Pokoknya banyak deh yang dijelaskan dengan detail. Supaya kegiatan ini lancar.

Nah, pada hari Seninya, yaitu tanggal 7 Oktober 2019 kita belajar seperti biasa, hanya ada sedikit briefing dari walas masing-masing kelas saja. Nah, hari yang ditunggu-tunggu pun datang, yaitu hari Selasa!! Alias tanggal 8 Oktober 2019. Tanggal Invita akan dimulai. Pada hari Selasa ini kita paginya diliburkan. Kita berangkat menuju  ke solonya untuk melaksanakan Invita pada waktu sore sekitar jam 6-an. Jadi, pagina bisa beristirahat terlebih dahulu.

Nah, pada hari selasa ini, saya istirahat selain itu juga menyelesaikan packing, sama mencicil tugas, jadi pas pulang tugas sekolah saya tidak menumpuk. Saya juga pas hari Selasa ke salon, relaxing dikit sabi lah. Santuy dulu. Dan yang paling penting saya family time dulu bersama ayah dan bunda saya biar kangennya pas pergi bisa dikurangin hehe. Nah pas jam 3 sore saya baru mulai  siap-siap. Mulai dari mandi, menyiapkan tas ransel, shalat Ashar, dll. Sekitar jam 5 sore saya baru berangkat menuju Stasiun Gambir.

Di Stasiun Gambir, kita (kelas 8) berkumpul di pintu selatan. Setelah saya sampai, saya mendatangi walas saya untuk mendapatkan name tag sekaligus tiket untuk menaiki kereta. Setelah mendapatkan name tag dan tiket, saya ngobrol-ngobrol lagi bersama keluarga, hingga waktunya saya harus masuk (check-in tiket) dan berkumpul bersama angkatan. Saya pun pamit ke orang tua saya dan mohon doa agar kegiatan ini lancar. 

Setelah berkumpul di dalam Stasiun Gambirnya, pas selesai check in tiket gitu kita menitipkan koper, lalu saya dan beberapa teman saya pergi ke musholla untuk melaksanakan ibadah Maghrib yang di jamak oleh Isya. Tetapi sebelum saya shalat, ternyata di perbatasan pintu antara bagian luar dan bagian dalam Stasiun Gambir ada orang tua saya, jadi saya ngobrol-ngobrol lagi sama foto-foto juga. Selesai shalat kita berkumpul untuk melaksanakan briefing sedikit oleh guru dan orang travel, seperti memperkenalkan diri dll. Setelah briefing dikit, akhirnya kita berangkat ke kereta yeyyyy, Kelas saya alias kelas 8G berada di gerbong 9. Oh iya, kereta yang kita naiki adalah Kereta Argo Lawu.

Setelah naik ke gerbong kereta, kita duduk dimasing-masing kursi sesuai tiket . Tetapi, hanya 5 menit kita duduk sesuai nomor kursi di tiket karena kita langsung pindah sesuai kursi yang diinginkan. Saya duduk bersama Ejaaa, my 24/7 ehehhe. Di depan saya juga ada Chelsea dan Ara. Kita berempat duduk berhadapan. Sebenernya masih ada 1 teman lagi, namanya Manda. Tapi dia tidak ikut hari pertama karena alasan tertentu, yang mau tau alasannya ke blog Manda oke.

Selama di kereta kita berempat ngobrol, bercanda bareng, sama main hp, hingga akhirnya kita kecapek-an lalu tidur deh. Oh, iya kita juga makan di kereta. Kita dikereta dari jam 8 samapai sekitar jam 5 pagi, jadi sekitar 9 jam kita di kereta menuju Solo. 

Setelah berjam-jam di kereta, beberapa menit sebelum sampai Solo, saya Shalat Shubuh terlebih dahulu. Hingga akhirnya kita sampai juga di Solo tepatnya di stasiun Solo Balapan. Selama di kereta tuh kita berempat mati gaya, jadi sampai Solo kita capek banget wkwkwk. Tujuan atau destinasi pertama kita adalah breakfast tepatnya di Taman Sari Restaurant. Di sana kita makan selain itu, kita juga menganti baju batik atau bersih-bersih untuk mempersiapkan diri ke museum Sangiran dan Stritex. 

Di museum Sangiran kita melihat sejarah-sejarah manusia purba dan hewan purba, pokoknya banyak banget deh yang berhubungan dengan zaman dahulu. Di sana saya dan kelompok kerja saya juga nge-vlog untuk tugas kami. Lanjut ke destinasi ke dua, kita pergi ke Masjid untuk melaksanakan Ibadah. Lanjut ke destinasi ke tiga yaitu Sritex. Di Sritex ini kita melihat seragam atau pakaian tentara dari berbagai macam negara, setelah melihat-melihat kita juga belanja di toko yang ada di Sritex.

Nah kalau ga salah, setelah selesai dari Sritex, kita pergi menuju Yogyakarta, kita menuju ke sana menggunakan bus yang menurut saya agak sempit tapi mending lah. Di bus kita juga diberi makan. Nah, sekitar jam 8 maleman kita sampai hotel, yaitu di Cavinton Hotel. Hotelnya menurut saya tuh bagus banget deh pokoknya bagus. Sampai kamar hotel kita (saya dan teman kamar saya) bersih-bersih, Shalat Isya jamak Maghrib, dan menyiapkan untuk besok. (Selama berpergian atau wisata, kita juga nge-vlog untuk tugas kami)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN