Mohon tunggu...
Azalea Nabila
Azalea Nabila Mohon Tunggu... :))

heyy

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Melawan Hoaks di Era Digital

7 Oktober 2019   11:17 Diperbarui: 7 Oktober 2019   11:33 17 0 0 Mohon Tunggu...

Heyyy semuaaa! Apa kabar? Semoga baik-baik aja hehehe maap sokab. Nah, sekarang saya akan ngebahas tentang informasi atau berita palsu alias HOAX dengan judul "Melawan Hoax di Era Digital".

Akhir-akhir ini banyak sekali informasi atau berita yang palsu, alias hoax. Setau saya sih, banyak orang indonesia terlalu gampang percaya dengan berita hoax, meskipun itu belum ada klarifikasinya dari sumber yang benar. 

Hoax tersebut dapat berupa tulisan, artikel,video, atau bahkan media sosial dan lain-lainnya. Orang yang mempercayai hoax atau orang yang terkena berita hoax akan mengalami kerugian yang sangat amat besar jika tidak teratasi dengan baik.

Misalnya, seseorang terkena berita hoax, lalu menjadi topik perbincangan tetapi ke negatifnya. Orang tersebut menurut saya akan resah, maka ia harus mengatasi hoax tersebut, dengan cara membuat klarifikasi, menunjukan bukti, atau bahkan melaporkan kepada pihak yang berwenang. 

Sedangkan orang yang mempercayai hoax tersebut bisa saja menyebarkan hoax tersebut lalu berkomentar ke yang negatifnya padahal belum benar, oleh sebab itu ia bisa mendapat hukuman. Baik ringan atau berat. Ia pun juga bisa berdosa loh.

Untuk pihak yang terkena hoax juga bisa saja dia akan stress yang akan berujung dengan keguncangan mental yang sangat amat berbahaya jika tidak di atasi. Nah, untuk mengurangi masalah hoax ini, adlah sebgai berikut (menurut saya),

petama, para netizen mesti harus bisa memfilterasi apa yang ia tanggap, seperti mencari klarifikasi terlebih dahulu, lalu mencari sumber dari yang terbenar, atau mungkin mengecek orang yang dekat dengan masalah berita tersebut. 

Para netizen pun harus bisa menjaga sikap jangan terlalu mudah untuk kepancing emosi lalu berkomentar yang negatif yang akan berujung tidak bagus untuk dirinya sendiri. Dan yang paling penting menurut saya, para netizen harus jangan termudah memakan berita hoax, istilahnya terlalu gampang percaya atau terlalu gampang percaya karena omongan orang lain.

Nah, untuk pihak atau orang yang terkena berita hoax, kita harus sangat amat cermat dalam menanggapi masalah ini. Mulai dari menunjukan bukti yang benar, klarifikasi, dan mencari sumber-sumber hoax untuk mencermati apa yang salah. 

Dalam menanggapi hoax ini kita juga harus menjaga tutur kata atau sikap, jangan mengatasi masalah dengan omong kasar, atau malah membuat masalah yang lebih besar yang akan berujung bahaya bagi diri sendiri dan masalah tersebut tidak ada ujungnya. 

Selain harus cermat dan jaga tutur kata atau sikap, kita juga harus mempunyai sikap pantang menyerah. Menurut saya ini juga sangat amat penting, dari mengkuatkan mental maupun fisik dan selalu berpikir positif. Nah, berpikir positif maksud saya jangan mikir yang aneh-aneh, seperti masalahnya tidak akan selesai atau akan tidak ada ujungnya istilahnya berpikir negatif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x