Mohon tunggu...
Azalea Nabila
Azalea Nabila Mohon Tunggu... :))

heyy

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi Buku "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi"

2 September 2019   11:10 Diperbarui: 2 September 2019   11:29 19 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi"
sumber: wijayalabs.com

Halo nama saya Nabila. Hari ini saya akan menjelaskan resensi buku yang saya baca.

Dengan adanya blog, menurut saya kita bisa lebih produktif dan komitmen. Mengapa? Kok bisa begitu? Menurut saya dengan menulis baik menulis blog, cerita dan sebagainya itu melatih otak. 

Selain itu, juga melatih mata dan bibir. Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada penulis yang malas membaca atau malas menulis. 

Awal mula menulis sebaiknya membaca terlebih dahulu, supaya bisa mendapatkan ide dan tanggapan yang matang sehingga membuat blog tersebut bermutu dan banyak peminat pembacanya. Setelah mendapatkan ide dan mendapat inspirasi, mulailah kita menulis. 

Di tahap menulis pastinya juga ada tahapan. Pertama kita menulis sesuai ide dulu, tidak usah harus rapi-rapi yang penting semua ide sudah tertulis sehingga tidak lupa. Tahap kedua adalah mulai mengedit. Mengeditnya itu mengedit tulisan. 

Misalnya menghapus kata-kata yang boros atau kurang penting, dan yang paling penting adalah membuat tulisan tersebut semenarik mungkin. Dalam tahapan menulis ini jangan takut untuk salah atau pun ragu, karena dari kesalahan itu kita bisa benerkan dan belajar dari kesalahan tersebut.

Setelah selesai menulis, kita bisa upload tulisan tersebut. Baik di blog atau media lainnya. Selain mengupload kita juga bisa share tulisan kita. Istilah nya saling berbagi ilmu. Oh iya, manfaat menulis ada banyak, salah satunya adalah melatih kefokusan otak kita dan kreativitas kita. 

Dengan kita fokus dalam hal menulis kita bisa membuat buku loh. Dan buku tersebut jika dilakukan dengan niat dan komitmen buku tersebut akan menarik dan bermanfaat. 

Tetapi, tulisan atau buku terbaik tidak bisa langsung jadi. Pasti ada banyak proses terlebih dahulu. Contohnya kita harus menguasai cara mengedit tulisan yang baik. Selain itu, kita harus percaya diri terhadap tulisan kita atau diri sendiri bahkan, supaya tulisan yang kita tulis itu ada feelnya jadi persaan orang lain bisa digerakkan selain itu juga tidak hambar. 

Penulis terkenal, pasti mereka mengalami asam pahit dalam hidupnya terlebih dahulu baru bisa menjadi penulis terkenal yang baik. Asam pahitnya itu yang tadi saya bilang, kesalahan. Selain itu para penulis pun mengambil kritik. Tetapi mengambil kritiknya yang bisa membangun diri kita yaitu yang positif, kritik yang negatif tinggalkan dan jangan hiraukan.

Jadi kunci untuk menulis menurut saya adalah fokus, komitmen, percaya diri, dan rajin membaca. Menurut saya itu adalah kunci pertamanya. Sekian terima kasih, maaf jika ada kesalahan atau salah.

VIDEO PILIHAN