Mohon tunggu...
Nabila Husna
Nabila Husna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN UNDIP

KKN TIM II UNDIP 2020/2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Galakkan Masyarakat Mengelola Sampah Masker Medis dengan Benar di Masa Pandemi

5 Agustus 2021   00:10 Diperbarui: 5 Agustus 2021   00:15 44 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Galakkan Masyarakat Mengelola Sampah Masker Medis dengan Benar di Masa Pandemi
Dokumen pribadi

Tembalang, Semarang (31/07) -- Mahasiswa KKN Tim II 2021 Universitas Diponegoro melakukan kegiatan penyuluhan program yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) di Kelurahan Sambiroto pada minggu keempat KKN. 

Kegiatan ini dilatar belakangi karena banyaknya sampah masker medis bekas pakai yang bersiat infeksius sejak pandemi covid-19 di buang sembarangan oleh masyarakat, hal ini mengakibatkan meningkatknya penularan covid-19 di masyarakat. Terutama sampah masker medis dari keluarga yang melakukan Isolasi Mandiri di rumah.

Dengan melihat kondisi masyarakat yang masih sembarangan membuang masker medis bekas pakai di keseharian aktivitasnya, muncul ide untuk membantu pemerintah dan masyarakat untuk tau bagaimana caranya mengelola sampah masker medis agar tidak dibuang ke sembarang tempat, salah satunya adalah dengan mengedukasi cara pengelolalaan sampah masker medis dengan benar kepada masyarakat.

Ketika dilakukan wawancara bersama petugas RW 02 Sambiroto untuk mengetahui bagaimana aktivitas warga terhadap masker medis bekas pakai, dapat diketahui masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengelola masker medis bekas pakai dengan benar, padahal melihat dampak yang akan terjadi terutama saat masa pandemi ini hal tersebut sangatlah berbahaya karena dapat meningkatkan jumlah warga yang terinfeksi virus covid-19.

"Warga masih banyak yang membuang sampah masker medis sembarangan, apalagi keluarga yang melakukan isolasi mandiri dirumah. Hal ini menjadi kekhawatiran warga sekitar melihat virus covid-19 saat ini sedang meningkat di Indonesia." Ujar salah satu warga ketika di wawancara mengenai observasi nya terhadap sampah masker medis di keseharian aktivitasnya.

Berikut Video Edukasi Pengelolaan Sampah masker medis dengan benar


Dengan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah masker medis dan dampaknya. Nabila Husna (21) sebagai salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro yang melakukan kegiatan KKN di Kelurahan Sambiroto, memberikan Video Edukasi pada Rabu (28/7), tentang cara tepat pengelolaan sampah masker medis bekas pakai di aktivitas sehari-hari.

Video Edukasi di Sebarkan melalui grup Whatsapp Ibu PKK dan Youtube dikarenakan sedang adanya PPKM di Indonesia yang mengakibatkan tidak bolehnya ada interaaksi antara mahasiswa dan masyarakat secara langsung. 

Tujuan disebarluaskan melalui grup whatsapp ibu PKK adalah dengan harapan informasi bisa menyebar lebih cepat ke setiap keluarga yang ada di Kelurahan Sambiroto khususnya warga RW 02.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Penyuluhan secara door to door  serta pembagian plastik sampah khusus limbah infeksius juga dilakukan tetapi hanya kepada Ketua RW 02 Kelurahan Sambiroto. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN