Mohon tunggu...
nabilah munirotulaila
nabilah munirotulaila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nabilah

Jakarta, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Informasi Manajemen di Perusahaan Pialang Asuransi

26 November 2021   23:00 Diperbarui: 26 November 2021   23:01 822
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: seputarpengetahuan.co.id

Broker Asuransi adalah suatu badan hukum yang dibentuk dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan suatu badan yang dapat membantu mereka dalam membeli produk asuransi dan mendampingi pada saat terjadi klaim. Jadi broker adalah perantara bisnis asuransi yang berpihak di sisi tertanggung.

Dalam perusahaan pialang asuransi/Broker Insurance tersebut pasti menggunakan sistem informasi manajemen , salah satunya disini Saya  akan berbagi pengalaman tentang Sistem informasi di tempat saya bekerja, di Sebuah perusahaan Broker Asuransi PT. ADI ANTARA ASIA, saya bekerja di divisi staff keuangan/finance . Dalam pekerjaan sehari- hari saya menggunakan system informasi berbasis OAS (Office Automation System). Karena jobdesc pekerjaannya yaitu menagih pembayaran premi ke client, membuat laporan outstanding premi, follow up ke asuransi mengenai rekonsiliasi outstanding premi. Menggunakan system OAS sangat berguna dalam memudahkan pekerjaan saya. Aplikasi ini berguna untuk memperlancar komunikasi antar staff antar departement dalam sebuah perusahaan ataupun dengan client. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengintegrasikan server-server computer pada setiap user di perusahaan, contohnya di tempat saya bekerja yaitu menggunakan Public Data Share, itu berupa file yang dapat di buka di seluruh server computer di kantor tempat saya bekerja, dan untuk memperlancar komunikasi dengan client , saya menggunakan Email untuk memudahkan pekerjaan. Kebutuhan akan pelayanan publik seperti Yahoo, Gmail, ataupun media sosial lainnya pun menjadi lebih kecil. Dengan begitu, komunikasi intra perusahaan menjadi lebih eksklusif dan terjaga rahasianya.

Dalam membantu pekerjaan sehari-hari di tempat saya bekerja juga mempunyai sistem tersendiri, yang disebut Broker System. Di Broker system sendiri ada berbagai option seperti Marketing activity , Technical activity , Claim activity , Tenaga ahli & Finance activity. Kalau dalam keseharian  saya bekerja saya menggunakan Finance Activity.

Kurang lebihnya seperti itu sistem informasi manajemen yang di gunakan di tempat saya bekerja. Balik lagi pada fungsi/tujuannya, sistem informasi manajemen tersebut bertujuan Untuk menyediakan suatu informasi dalam pengambilan suatu keputusan, menyediakan suatu informasi yang digunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan juga perbaikan berkelanjutan. Dan menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.

http://www.nusabroker.com/solutions.aspx#:~:text=Broker%20Asuransi%20adalah%20suatu%20badan,yang%20berpihak%20di%20sisi%20tertanggung.

Nabilah Munirotulaila

191011201581

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun