Mohon tunggu...
Nabilah Fildzah
Nabilah Fildzah Mohon Tunggu... Bismillah Istiqomah

Stay Calm and Istiqomah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM UMM 68 Ajak Ibu-ibu PKK Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga dan Peternakan

20 April 2021   09:00 Diperbarui: 20 April 2021   09:05 42 1 0 Mohon Tunggu...

            Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat menimbulkan dampak yang baik serta dapat menjaga kesehatan keluarga. 10 Pesan PHBS Rumah Tangga menjadi dasar upaya menyadarkan masing-masing anggota keluarga agar memiliki kemauan dan kemampuan dalam mempraktikkan PHBS sehingga dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya serta tercipta lingkungan yang sehat. Keluarga sehat menjadi aset utama pembangunan yang perlu dipelihara terus menerus, sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan PHBS di masyarakat. Oleh karena itu, PMM UMM atau Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 68 Gelombang 3 yang dibina oleh ibu Nawang Sulistyani, M.Pd menggunakan kesempatan tersebut dengan melakukan sosialisasi PHBS kepada ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Oro-Oro Ombo.

            Selain itu, PMM UMM 68 mengambil topik PHBS di Peternakan dikarenakan hampir seluruh warga desa oro-oro ombo memiliki peternakan sapi. Namun, masih rendahnya kesadaran akan sanitasi dan hygiene kandang sapi. Rendahnya kebersihan tersebut mempengaruhi kualitas susu sapi perah yang dihasilkan. Sehingga, diperlukannya sosialisasi terkait PHBS di Peternakan.

            Kali ini tempat sosialisasi yang dilakukan PMM UMM 68 terletak di rumah Ibu Sumiati selaku tuan rumah acara PKK yang berada di wilayah Desa Oro-Oro Ombo dimana tempat kelompok mereka tersebut mengabdi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anggota keluarga khususnya ibu-ibu agar tercipta lingkungan keluarga yang sehat dan kandang sapi yang bersih serta terbebas dari penyakit.

            Pada tanggal 17 April 2021, PMM UMM 68 melakukan serangkaian kegiatan berupa sosialisasi 10 pesan PHBS di Rumah Tangga, Sosialisasi PHBS di Peternakan, dan sesi kuis berhadiah sembako yang telah disiapkan sebelumnya. Media sosialisasi yang kami gunakan berupa poster untuk penjelasan lisan dan leaflet yang dibagikan kepada ibu-ibu PKK agar dapat dibawa pulang dan diterapkan di rumah masing-masing.

            Ternyata sosialisasi yang diselenggarakan PMM UMM 68 mendapatkan respon baik oleh tuan rumah Ibu Sumiati, beliau mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya karena sudah menyebarkan pesan PHBS di lingkungan sekitar rumahnya sehingga bisa menciptakan masyarakat yang sehat. Selain itu, suasana antusias dan semangat dapat dirasakan saat dilakukan kuis berhadiah sembako. Ibu-ibu PKK terlihat bersemangat dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan seputar PHBS Rumah Tangga dan Peternakan.

            PMM UMM 68 mengharapkan ibu-ibu PKK dapat meningkatkan pengetahuan akan pentingnya PHBS di Rumah Tangga dan Peternakan. Sehingga, pengetahuan tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan tercipta keluarga yang sehat serta menghasilkan susu sapi perah berkualitas yang dapat mensejahterakan perekonomian keluarga.

VIDEO PILIHAN