Mohon tunggu...
Nabilah Aulia Belqis_4A
Nabilah Aulia Belqis_4A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Stiamak

Majulah tanpa menyingkirkan Naiklah tinggi tanpa menjatuhkan Jadilah baik tanpa menjelekkan dan benar tanpa menyalahkan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Belajar Mata Kuliah SDM (Sumber Daya Manusia)

29 Juli 2021   12:54 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:00 231 55 1 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb

Perkenalkan saya Nabilah Aulia Belqis nim 19110063, mahasiswi dari kampus STIAMAK BARUNAWATI (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan). Jika berbicara tentang pengalaman saya pada waktu proses KBM matkul SDM (Sumber Daya Manusia) di semester 4 selama 1 semster / 6 bulan ini yang diajarkan oleh Dosen DR. NUGROHO DWI P., MSc. pasti banyak sekali pengalamannya. Masing-masing moment punya kesan yang berbeda-beda.

Pengalaman saya di STIAMAK selama belajar SDM yaitu saya banyak mendapatkan ilmu yang berguna kelak untuk bekerja dan wawasan mengenai kualitas pekerjaan dan inovasinya, kejujuran dalam bekerja, kehadiran dalam bekerja, attitude/sikap dalam bekerja, inisiatif dan kreatif, keandalan dalam bekerja, pengetahuan tentang bekerja serta tanggung jawab terhadap pekerjaan.

Melalui daring via zoom yang dibina / dibimbing oleh bapak dosen saya bisa memetik di sini SDM dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka. Secara garis besar, pengertian Sumber Daya Manusia adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Mengapa SDM penting untuk dipelajari bagi kita sebagai mahasiswa ?

  1. Untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan kita sebagai manusia dalam suatu organisasi sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
  2. Menumbuhan rasa menciptakan suatu produk yang dibutuhkan oleh semua manusia, karena manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, sehingga produk kebutuhan manusia harus dikembangkan lebih lanjut.
  3. Melatih manusia dalam bersifat hemat dan efisien dalam mengatur dan melakukan sesuatu, baik dalam organisasi maupun dalam individu kita itu sendiri.

Manfaat dan tujuan dari kegiatan pembelajaran mata kuliah SDM (Sumber Daya Manusia) untuk saya adalah kita mampu memahami secara utuh tentang materi-materi pengelolaan SDM sebagai langkah strategi dan sekaligus membekali kita agar mampu membina suatu organisasi lembaga / perusahaan yang menempatkan manajemen sebagai faktor yang vital dan dapat memperluas wawasan pemikiran / pandangan tentang seluk beluk SDM dengan segala keterkaitannya dengan kemajemukan Iptek yang kompetetif sebagai kajian yang obyektif. 

Kegiatan apapun itu baik dalam organisasi maupun di perusahaan tidak lagi di jalankan berdasarkan aturan saja, melainkan juga dikendalikan oleh visi dan nilai. Oleh karena itu, memerlukan kemampuan sumber daya manusia yang dapat diandalkan, yang memiliki wawasan, kreatifitas, pengetahuan, dan visi yang sama dengan visi perusahaan/organisasi yang kita terjuni.

Sekian dari pengalaman yang saya bagikan. Terima Kasih untuk Bpk Dosen DR. NUGROHO DWI P., MSc.

Wassalamualaikum wr.wb

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x