Mohon tunggu...
Nabilah Cw
Nabilah Cw Mohon Tunggu... Mahasiswa

Orang yang tertarik dengan dunia baru ;)

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Perlunya Aturan Tidak Tertulis di Dalam Demokrasi

18 Juli 2019   08:38 Diperbarui: 18 Juli 2019   08:43 0 1 1 Mohon Tunggu...
Perlunya Aturan Tidak Tertulis di Dalam Demokrasi
demokrasi-indonesia-5d2fc491097f3653c34f39c2.jpg

Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang dipakai oleh mayoritas negara yang ada di dunia dan di anggap sebagai salah satu sistem pemerintahan yang terbaik yang di miliki saat ini, karena semuanya bisa berpatisipasi dari kalangan rakyat menengah bawah sampai ke menengah atas. 

Tentu sistem ini sangat bebas dan memiliki konstitusi di dalam mengatur jalannya demokrasi. Jika tidak ada konstitusi atau peraturan yang mengatur maka sistem ini dapat menimbulkan kekacauan, karena semuanya ingin mengutarakan pendapat dan ingin hak dan aspirasinya di dengar.

Tetapi apakah dengan konstitusi saja sudah cukup ??

Jawabannya BELUM

Terdapat beberapa hal yang harus di tambahkan yaitu aturan tidak tertulis, aturan ini meskipun tidak tertulis tetapi semua orang akan mentaati secara tidak sadar atau mengerti akan aturan ini. Di dalam buku "HOW DEMOCRASIES DIE" karya Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt di tahun 2018. Menyatakan bahwa aturan tidak tertulis yang di perlukan yaitu Toleransi dan Menahan Diri. 

Di dalam buku ini menjabarkan tentang perjalanan demokrasi Amerika Serikat serta penyebab negara - negara lain yang sebelumnya demokrasi menjadi hancur atau berubah menjadi otoriter.

Dua hal ini sangat perlu karena dari toleransi yaitu adanya penekanan bahwa antar sesama pelaku politik harus bertoleransi dalam menerima pola pikir antar satu kelompok politik dengan kelompok lainnya. 

Contohnya di Amerika terdapat Partai Demokrat dan Republik, partai yang besar dan saling rival tetapi mereka saling menghargai. Terbukti dari beberapa contoh sejarah sebelumnya, mereka lebih mengutamakan kepentingan negara daripada kepentiingan politik masing - masing partai. 

Rival boleh saja, berbeda pandangan boleh saja TAPI ingat, tujuan rival yaitu agar adanya persaingan sehat untuk mencapai demokrasi yang baik dan tercapainya tujuan negara. Dengan adanya perbedaan pendapat maka kita dapat menemukan suatu solusi yang bermanfaat. Itulah di pemerintahan diperlukan oposisi sebagai pengingat pemerintahan atau sebagai pemberi saran demi kepentingan negara. Tetapi jika terlalu mementingkan pandangan kelompok sendiri itu juga tidak baik.

Saling toleransi yang baik akan menimbulkan sifat "menahan diri", sifat ini sangat baik terutama dalam menjaga kekondusifan dunia perpolitikan. Sifat menahan diri sangat perlu apabila jika ada suatu kebijakan yang kurang pantas bagi pemikiran suatu kelompok tertentu. Tetapi kebijakan tersebut paling terbaik di pemerintahan saat ini atau masyarakat, sehingga sifat ini sangat diperlukan. Bayangkan jika kita tetap ingin memaksakan pemikiran kelompok ?

Yang terjadi adalah adanya ketidak kondusifan di dalam demokrasi suatu negara atau pemerintahan, hal ini yang harus di hindari. Selain itu menahan diri juga berguna untuk menahan kita agar dapat memberikan kesempatan kepada orang lain di dalam demokrasi. Contohnya saja Konstitusi awal AS pada abad 19 dan 20 tidak dijelaskan bahwa Presiden dan Wakil Presiden hanya memiliki maksimal 2 perioden menjabat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2