Mohon tunggu...
Nabila Arfani Fadhilah
Nabila Arfani Fadhilah Mohon Tunggu... Jurnalistik Baru

Hello! i'm a college student.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kampung Terapung di Tengah Kota DKI Jakarta

19 April 2021   23:00 Diperbarui: 19 April 2021   23:54 83 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kampung Terapung di Tengah Kota DKI Jakarta
jlln695yhs6fprki7h2j-607db491d541df115065fc72.jpg

Jakarta - Air, itulah yang menjadi dominasi kawasan kampung teko, Cengkareng, Jakarta Barat. Dikenal dengan sebutan kampung terapung karena kawasa seluas 3 hektar ini berdiri di atas permukaan air, seolah-olah kampung ini mengapung di atas air.

Kampung apung dulunya adalah wilayah asri layaknya kawasan kebagusan, Jakarta selatan. Sebelum menjadi seperti ini warga sering menghabiskan waktu luang untuk berkumpul di sebelah pemakaman dan juga berolahraga seperti bermain bulutangkis, bermain sepak bola di tanah lapang yang berada di perkampungan.

Namun semua berubah semenjak adanya pembangunan kompleks pergudangan dari pihak pengembangan di sekitar daerah kampung apung. Menurut Imam salah satu penduduk asli kampung apung mengungkapkan bahwa semenjak adanya pembangunan semua berubah perkampungan yang dulunya asri dan indah berubah menjadi perkampungan yang terapung "dulu waktu saya kecil kampung ini tuh bagus mba, sejuk banyak pepohonan ada sawah juga di belakang, namun semua berubah seperti ini semenjak ada pembangunan komplek itu" ujar imam.

Banjir pertama terjadi pada tahun 1996 dan semenjak itu Pemprof DKI JAKARTA hanya menangani daerah ini selama dua kali saja untuk meninggikan rumah-rumah warga, menyedot air yang ada tapi tetap saja air tetap menggenangi pemukiman warga "dulu pernah ada dua kali bantuan dari penprof tapi setelah itu sudah tidak ada mba sudah di sedot, bahkan musim kemarau genangan air tetap tidang mengering" ujar djuhri ketua rw kampung apung.

Air yang hijau ini bukan berasal dari limbah pabrik, tapi ternyata menurut informasi yang ada air itu berasal dari tanaman alga, harapan warga sekitar dan juga tokoh yang ada di kampung apung semoga penprof DKI JAKARTA lebih memperhatikan kampung terapung.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x