Mohon tunggu...
Nabila Afira Quraina
Nabila Afira Quraina Mohon Tunggu... Female

bebas menulis sesuai dengan ide, pengalaman, dan gaya bahasaku

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Melirik Makna Lagu Lathi, Karya Weird Genius

24 April 2020   22:19 Diperbarui: 23 Juni 2020   13:56 20023 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melirik Makna Lagu Lathi, Karya Weird Genius
Lagu Lathi Karya Weird Genius

"Lathi dalam bahasa indonesia artinya lidah, atau ucapan/tutur kata. Sedangkan ajining artinya adalah harga diri." 

Beberapa waktu yang lalu media sosial ramai diperbincangkan tentang sebuah musik karya Weird Genius. Weird Genius adalah sebuah grup disjoki yang terdiri atas Eka Gustiwana, Reza Oktovian atau yang disapa dengan Reza Arap, dan Gerald Liu

Single dengan lagu terbaru yang ramai diperbincangkan netizen resmi dirilis pada 27 Februari 2020 lalu.

Pertama kali mendengar lagu tersebut, aku kira hanya lagu inggris karya orang luar negeri. Tetapi ketika lirik lagu masuk dibagian reff, sempat heran kok ada wanita nyinden, pertunjukkan debus, wayang, serta kuda lumping.

Di sisi lain juga terdengar musik gamelan dan samar-samar ada lirik bahasa jawa. Akhirnya aku pun bertanya kepada salah satu rekan, ternyata judul lagunya adalah "Lathi". Walah.. lathi kan bahasa jawa dari lidah, batinku.

Meluncur ke kanal youtube dan mencari lagu tersebut. Langsung ku putar musik yang berdurasi kurang lebih sekitar 3 menit 7 detik.

Sepanjang lagu tersebut diputar, bikin merinding parah saat bagian reff yang ternyata memang benar menggunakan bahasa jawa.

Sambil mendengarkan musik berulang kali,ternyata lagu tersebut mengisahkan tentang seorang wanita yang terjebak dalam lingkaran percintaan yang beracun atau yang biasa disebut toxic relationship.

Dalam lirik lagu bagian reff terdapat kalimat jawa yang diambil dari pepatah, "ajining diri soko lathi. Ajining rogo soko busono". Namun, dalam lirik lagu tersebut yang dicantumkan hanyalah "ajining diri ana ing lathi"


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x