Mohon tunggu...
Nabila AgastiRamadhina
Nabila AgastiRamadhina Mohon Tunggu... MAHASISWI

Bangunlah dipagi hari dengan senyuman.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efek yang Ditimbulkan oleh Vaksin Covid-19 terhadap Kekebalan Tubuh

23 Juni 2021   00:40 Diperbarui: 23 Juni 2021   00:50 45 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Efek yang Ditimbulkan oleh Vaksin Covid-19 terhadap Kekebalan Tubuh
Dokter yang Sedang Mempersiapkan Vaksin Untuk Masyarakat - Sumber: Kompas

Pada awal 2021, Masyarakat mulai bisa bernafas lega, karena Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang sudah mulai menjalankan program Vaksinisasi Covid-19. Vaksin Covid-19 ini sangat mempengaruhi masyarakat supaya mengurangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia

Fungsi diadakannya vaksinasi adalah untuk meningkatkan imun agar virus ini tidak gampang masuk ke dalam tubuh kita. Pemerintah menganjurkan agar masyarakat dapat melakukan vaksinasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Semua orang yang mendapat notifikasi suntikan Vaksin Covid-19 harus patuh. Lantas, berapa kali vaksin Covid-19 harus disuntikkan? Vaksin dilakukan dalam 2 tahap dengan jangka waktu yang telah di tentukan.

Efek vaksinasi ini dirasakan oleh orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang kurang, bagi seseorang yang daya tahan tubuhnya kuat tidak akan berdampak efek apa apa.

“ Setelah di vaksin saya hanya merasakan pegal di tangan sehabis di suntik kurang lebih 2 jam, selebihnya tidak ada efek samping yang di rasakan.” Suyetty Kaman, Rabu ( 28/04/2021).

Saat ini syarat untuk menerima dosis vaksin covid-19 adalah harus dalam keadaan yang sehat,memiliki usia rentang antara usia 18 hingga 60 tahun, penerima Vaksin Covid-19 tidak boleh dalam keadaan hamil, lalu pengidap penyakit ISPA, Diabetes, Ginjal, Liver,dan tiga bulan sebelumnya tidak terkonfirmasi positif Virus Covid-19.

Vaksin adalah bagian dari virus yang sudah di lemahkan atau yang tidak mampu menyebarkan penyakit kemudian disuntikan ke tubuh. Oleh karena itu lansia dianjurkan untuk istirahat setelah vaksin.

“ Setelah di vaksin karena kita sudah lansia maka di anjurkan untuk istirahat tiga hari dan tangan yang baru di suntik tidak boleh mengangkat beban yang berat, tetap dilarang ketempat keramaian selama 3 hari kalau bisa 1 minggu itu untuk menjaga karena kita lansia.” Katanya.

VIDEO PILIHAN