Mohon tunggu...
Nabila Risanti
Nabila Risanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

enjoy ur life.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, KKN-T IPB University Gelar "Serbu Harapan" di Kelurahan Sawahgede, Cianjur

2 September 2022   17:05 Diperbarui: 2 September 2022   17:14 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

CIANJUR - Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University Kelurahan Sawahgede, Cianjur berikan edukasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) kepada para kader posyandu Kelurahan Sawahgede. Edukasi diberikan melalui salah satu program yaitu Sekolah Seribu Hari Pertama Kehidupan yang disebut "Serbu Harapan". Kader posyandu mendapatkan wawasan lebih lanjut terkait "1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)" Jumat (22/7/2022) dan Senin (25/7/22).

Program KKN-T Kelurahan Sawahgede ini menghadirkan Dr. Tin Herawati, S.P, M.Si, dosen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi dan Manusia, IPB University, Nuraisyah, S.Gz, seorang nutrisionis puskesmas Cianjur Kota, dan Dede Suryani, SKM, selaku Penyuluh Kesehatan Masyarakat Puskesmas Cianjur Kota dari tahun 2018 hingga sekarang. 

Tin Herawati memaparkan materi mengenai pengasuhan anak pada 1000 HPK, Nuraisyah memaparkan materi mengenai pentingnya pemenuhan gizi anak pada 1000 HPK, sementara Dede Suryani memaparkan materi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada tatanan rumah tangga.

Dalam sambutannya, Dendi Irawan, S.E, selaku Lurah Sawahgede mengatakan pentingnya kerjasama semua pihak untuk menjadikan Kelurahan Sawahgede yang terbaik untuk masyarakat.

"Berkat kerjasama semua, InsyaAllah Sawahgede dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat," ujarnya.

Dr. Gusnady Rama Anggita selaku Ketua UPTD Puskesmas Cianjur Kota dalam sambutannya menyebutkan kesehatan anak dimulai dari pertama kali ibu dinyatakan hamil dan karena itu kegiatan Serbu Harapan penting untuk dilakukan.

"Semenjak kunjungan pertama ibu hamil ke bidan atau ke rumah sakit yang kompeten, disitulah kita mulai menata supaya jabang bayi bisa menjadi seorang yang sehat. Disitulah mengapa kegiatan hari ini perlu dilaksanakan supaya kita semua dapat merefresh ingatan betapa pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan," jelas Ketua Puskesmas Cianjur Kota di Aula Kelurahan Sawahgede. 

Kegiatan Serbu Harapan dilaksanakan dengan sasaran kader Posyandu di 16 RW Kelurahan Sawahgede. Sasaran ini mengingat tugas kader posyandu salah satunya adalah pelayanan kesehatan ibu dan anak yang termasuk didalamnya layanan konseling.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan