Mohon tunggu...
Nabil Basalamah
Nabil Basalamah Mohon Tunggu... Desainer - Mahasiswa

Halo, saya seorang mahasiswa tuli S1 dan ambil Jurusan Desain Interior. Saya ingin menjadi penulis di sini untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Indonesia saya. Semoga artikel-artikel saya ini bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Hobi Menjadi Pekerjaan Itu Nyata

7 September 2020   20:20 Diperbarui: 9 September 2020   16:48 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto dari situs Unsplash.com

Saya suka sekali menggambar di atas kertas putih atau wacom tablet yang dihubungkan ke laptop dengan program photoshop. Karena itu adalah hobiku, hobi ini dapat menenangkan otakku dan bahkan meningkatkan kemampuan menggambarku. -- Saya mulai berpikir tentang apakah hobi bisa menjadi pekerjaan. 

Maka saya membuka internet untuk mencari informasi-informasi tentangnya. Wow, banyak sekali artikel dengan judul sama. Setelah kubaca beberapa artikel dan pengalaman para penghobi. Saya tahu hobi itu memang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya seperti menikmati pekerjaan, terasa seperti tidak bekerja, dan bahkan mengembangkan kemampuan secara cepat. Tapi, bagaimana dengan kekurangan? Saya tidak bisa memberitahui apa saja kekurangannya, karena itu bisa membuat kalian cepat menyerah dan pesimis.  

Tenang saja, kelebihan hobi itu sangat penting daripada kalian bayangkan loh. -- Ada ceritaku tentang penghobi dari media sosial, saya selalu menjelajahi instagram dengan tab explore tentang karya-karya milik para artis yang sangat populer dan selalu sukses.  

Mereka bisa mendapatkan uang dari internet karena bisnis tentang hasil karya mereka.  Macam-macam karya seni seperti lukisan, model 3D, fotografi, dll. Semua karya seni selalu ada di dunia ini karena ada..

..penghobi.

Menarik kan? Itu berarti semua hobi bisa dijadikan pekerjaan. Walaupun hobi yang tidak penting sekali tetap bisa menjadi pekerjaan loh. Contohnya seperti penghobi suka bermain games itu bisa menjadi gamer E-Sport, Developer game, streamer, bug tester dan lain-lain. 

Atau contoh lain lagi, hobi suka menyusun batu halus... hmmm, hobi itu terlalu biasa sekali. Tapi itu bisa bekerja sebagai fotografer untuk mengambil gambar atau menyunting video batu-batu halus yang sudah bersusun seimbang buat instagram dan youtube supaya populer dan mendapat uang. Tapi siapa mau menonton batu-batu yang bersusun? 

Coba membuka youtube dan mencari judul video "How This Guy Balances Impossible Rock Structures | Obsessed | WIRED" oleh youtuber WIRED dan menonton dulu.

Sebenarnya penghobi menyusun batu halus ini sudah bekerja sebagai fotografer dan menjual foto-foto seharga ratusan ribu sampai sejuta rupiah!  Kalian tahu apa artinya? Artinya semua hobi menjadi pekerjaan nyata..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun