Mohon tunggu...
Nabiila Putri caesari
Nabiila Putri caesari Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta

Memiliki banyak hobi, diantaranya bercerita, mendengarkan musik, fotografi, editor videografi, menonton film, dan membaca buku. Menyukai konten dengan genre keuangan, gaya hidup, movie dsb. Untuk saat ini aku masih mencoba untuk selalu belajar menyukai menulis.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Jadilah Versi Terbaikmu dari Self Love, Self Awarness, dan Self Confidence

1 Agustus 2022   20:10 Diperbarui: 1 Agustus 2022   20:11 111 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Self Love. Sumber foto: Istock by Getty Images/DianaHirsch

Semua orang pasti ingin menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri, tetapi hanya sedikit yang bisa melakukannya. Kita adalah musuh terburuk kita sendiri dalam hal mencapai kesuksesan, mengejar impian kita, dan menjalani kehidupan yang penuh dengan semangat dan tujuan.

Beberapa dari kita merusak diri sendiri tanpa menyadarinya, dan yang lain sadar akan faktanya, tetapi tidak memiliki alat dan/atau pengetahuan untuk memperbaiki diri.  Lalu, ketika seseorang terlihat bangga akan pencapaian yang dilakukannya, maka otomatis ia juga sangat mencintai dirinya. Namun, pada kenyataannya berbeda. Selalu banyak cara untuk memperbaiki diri, salah satunya self love dan  

Keterkaitan Menghargai Diri Sendiri dan Kesadaran Diri

Self love berarti mencintai atau menghargai terhadap diri sendiri. Self love ini juga memiliki beberapa definisi. Misalnya, mencintai diri  sendiri sebagai penghargaan terhadap nilai atau suatu pencapaian. Kunci utama seseorang bahagia dengan mencintai dirinya sendiri. Mencintai diri sendiri berarti sangat menghargai kebahagiaan sendiri. Mencintai diri sendiri juga berarti menerima diri dengan apa adanya. 

Dengan membangun self love ini juga dapat membentuk kesadaran diri seseorang akan proses berpikirnya, biasa disebut self awareness. Biasanya orang yang memiliki kesadaran diri bersifat introspektif. Mengamati, mengidentifikasi, menentukan isi pikiran dan perasaan. Kesadaran diri yang baik dapat membantu untuk mengetahui bagaimana cara menanggapi berbagai macam hal maupun situasi secara efektif.  Kesadaran diri adalah fondasi di mana kita akan membangun kepercayaan diri karena memisahkan yang nyata dari yang dirasakan. Kesadaran diri juga penting untuk membangun sebuah keyakinan. 

Mengapa kesadaran diri penting untuk kepercayaan diri?

Keyakinan tersebut terjadi ketika self confidence ada pada diri seseorang. Ekspektasi kepada pencapaian yang mampu dilakukan seseorang berdasarkan evaluasi atas kemampuan dan performanya terdahulu. Ketika seseorang yakin pada kemampuan diri, maka cenderung semakin termotivasi mencapai tujuan dan memiliki motivasi yang lebih tinggi. Percaya diri kunci utama dalam membantu kita memfokuskan lebih banyak energi untuk melakukan apa yang kita kuasai, yang meningkatkan rasa percaya diri kita secara keseluruhan. 

Selain itu, percaya diri pada seseorang dapat akan lebih percaya diri dalam melakukan apa yang terasa baik, dan melepaskan apa yang tidak lagi berguna. Daripada diri yang dikendalikan orang lain atau selalu mendengarkan pendapat orang lain, sehingga kurang percaya dirinya tidak ada pendirian.

Hubungan ketiga ini membentuk menjadi versi terbaik dari diri seseorang. Belajarlah untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak disukai, dan fokuskan perhatian pada sisi positif dari hal-hal tersebut. hidup lebih bahagia, lebih ringan, dan selaras dengan diri sendiri dan orang lain. Sebenarnya tidak ada aturan khusus, yang terpenting 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan