Mohon tunggu...
N.C Gibran
N.C Gibran Mohon Tunggu... Apoteker - Penikmat Film

Berbagi sudut pandang tentang film dari sisi penonton. peracikobat@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Cara Naik dan Bayar KRL Jogja Tanpa Kartu

11 Oktober 2022   20:40 Diperbarui: 11 Oktober 2022   20:43 247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan KRL bagian dalam dokumentasi pribadi 

Bagaimana cara naik dan bayar KRL Jogja tanpa kartu?

Mungkin bagi beberapa orang yang sudah jarang naik transportasi umum akan bingung dengan perubahan yang diperbarui. Dulu untuk pergi ke Solo dari Jogja ataupun sebaliknya sering menggunakan KA Prameks (Kereta Api Prambanan Ekspres).

KA Prameks berhenti operasi terhitung tanggal 10 Februari tahun 2021 dan digantikan dengan KRL Commuter Line. 

KRL Commuter Line berbasis kereta listrik sistem transportasi angkutan cepat komuter  yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia, anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia.

Sebenarnya tidak banyak perubahan yang besar. Namun ada sistem yang memudahkan bagi pelanggan dan disisi lain cukup membingungkan bagi sebagian orang. Sistem pembayaran KRL Jogja- Solo menggunakan kartu KRL. 

Cukup memudahkan karena memang KRL sering dipakai untuk para pekerja untuk dijadikan sarana transportasi kerja sehari-harinya. Banyak pekerja dari Solo yang bekerja di Jogja ataupun sebaliknya, dan bagi kalangan mahasiswa pun sistem ini memudahkan untuk melakukan perjalanan. 

Banyak yang belum tahu kalau sistem ini sudah diterapkan dan bingung untuk melakukan pembayaran tiket masuknya. Masih terbiasa dengan cara lama. Ya kemudahan dari sistem ini tidak perlu mengantre lagi untuk membeli tiket. Tinggal tap kartu dan bisa masuk ke KRL. 

Nah, permasalahannya adalah jika tidak memiliki kartu dan tidak ingin membuat kartu karena memang tidak selalu menggunakan KRL ada alternatif lainnya. 

Bisa menggunakan aplikasi LinkAja. Caranya tinggal download dan instal aplikasi ini. Kemudian mengisi ketentuan aplikasi dan bisa melakukan TopUp menggunakan MBanking. 

Rasanya beberapa hal tersebut sudah lumrah dimiliki orang-orang saat ini. Smartphone dan Mbanking sudah umum dimiliki orang-orang saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun