Mohon tunggu...
Rr Nabella Kharisma
Rr Nabella Kharisma Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa yang sedang belajar menulis!

Selanjutnya

Tutup

Media

Jurnalisme Era Digital

14 Februari 2020   19:55 Diperbarui: 14 Februari 2020   20:08 64 0 0 Mohon Tunggu...
Jurnalisme Era Digital
Sumber: gov.uk

Jurnalisme tidak hanya dalam bentuk cetak, namun telah merambah ke berbagai platform seperti media online.

Semua orang mengerti bahwa teknologi digital menyediakan cara-cara baru untuk menemukan serta berbagi berita dan informasi. Kemajuan zaman yang membuat semua aspek kehidupan terus berkembang dan kemungkinan besar di masa yang akan datang pekerjaan manusia akan tergantikan oleh teknologi -- teknologi yang mungkin dirancang untuk mengubah masa depan yang lebih maju. 

Dengar juga podcast: Kisah Hidup Arungi Media

Kemajuan ini berpengaruh juga pada jurnalisme. Tulisan tidak hanya menjadi kunci dari pemberitaan, namun didukung dengan adanya gambar, video, animasi, ilustrasi, audio, dan aspek lainnya. Model jurnalisme ini merupakan jurnalisme yang terjadi pada era serba digital dan juga sebuah tuntutan bagi seorang jurnalis agar dapat survive di bidang jurnalistik sekarang dan di masa depan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.


Jurnalisme Multimedia merupakan sebutan yang cocok untuk menggambarkan keadaan bidang jurnalistik online. Berbagai platform mulai dari cetak, televisi, radio hingga media online digunakan dalam penyebaran informasi. Bentuk informasi yang disampaikan juga tidak hanya dalam bentuk tulisan namun juga dalam bentuk gambar, audio, video, animasi, dan sebagainya. Oleh karena itu seorang jurnalis dituntut untuk memiliki keahlian untuk menyajikan berita dalam berbagai platform dan bentuk tersebut. Menurut Multimedia Journalist yang dikutip dari Roemelteamedia menyatakan beberapa tantangan bagi jurnalisme di masa depan, yaitu :

  1. Trend Audiens

Seorang jurnalis harus mampu mengikuti tren dari masyarakat, dimana konsumsi media berfokus pada aspek multimedia seperti visual, seperti foto, video, gambar, maupun animasi.

  1. Pengembangan Lanskap Media

Media berita harus dapat mengembangkan medianya. Tidak hanya dalam versi cetak namun juga terdapat versi online dan menambahkan fitur-fitur interaktif untuk dapat menarik pembaca.

  1. Mempraktikan Multimedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x