Mohon tunggu...
Rr Nabella Kharisma
Rr Nabella Kharisma Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa yang sedang belajar menulis!

Selanjutnya

Tutup

Media

Definisi dan 5 Elemen Multimedia

8 Februari 2020   00:16 Diperbarui: 8 Februari 2020   00:47 898 0 0 Mohon Tunggu...

Multimedia telah menjadi bagian tidak terhindarkan dari kehidupan kita, terutama para milenial. Multimedia juga telah menemukan berbagai aplikasi langsung dari hiburan hingga pendidikan. Hal ini didukung oleh evolusi internet yang telah meningkatkan permintaan akan konten multimedia.

Apa itu Multimedia?

Multimedia merupakan alat yang digunakan untuk mewakili atau melakukan banyak hal, seperti pengiriman, surat kabar, majalah, TV, radio, dll. 

Pada dasarnya pengertian sederhana dari multimedia dibagi menjadi dua, yaitu multi dan media. Multi yang berarti banyak atau berbagai macam dan media yang merupakan alat yang menjadi saluran informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. 

Media sering dihubungkan dengan teknologi komunikasi. Hal ini dikarenakan dalam pembentukan media dibutuhkan peranan teknologi komunikasi. Majalah, surat kabar, radio, dan TV menjadi media yang populer di masanya. peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada khalayak, yang dilakukan berbagai media tersebut sangatlah efektif. 

Multimedia mengacu pada penggunaan media elektronik untuk menyimpan konten multimedia. Multimedia serupa dengan media campuran tradisional dalam seni rupa, tetapi dengan cakupan yang lebih luas. Istilah "media kaya" adalah sinonim untuk multimedia interaktif.

Pengertian secara singkat, multimedia merupakan kombinasi gambar, suara, grafik, dan teks untuk menghasilkan sebuah cerita atau informasi (David Campbell. 2013).

Sedangkan menurut Marx Deuze (2004) multimedia dipandang sebagai fitur khusus yang terstruktur secara institusional dari suatu media, yang menyatukan atribut teknis dan organisasi, dan kompetensi budaya dari pengguna (user) yang kesemuanya berdampak pada apa yang direpresentasikan di media dan bagaimana hal tersebut terjadi. 

Dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah berbagai media yang digabungkan untuk menyajikan sebuah informasi secara lebih mudah dan saling melengkapi bukan saling mengulang. Masing-masing media memiliki kekuatan dan kelemahan, sehingga hadirnya multimedia untuk saling melengkapi media-media yang telah ada.


Elemen Multimedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x