Parenting

Ijinkan Aku Tetap Menjadi Putri Kecilmu

21 Mei 2018   04:07 Diperbarui: 21 Mei 2018   08:04 251 0 0

To my parents,

Istilah 'perkembangan anak' mengacu pada proses di mana seorang anak tumbuh dan mengalami berbagai perubahan sepanjang hidupnya. Perkembangan tersebut ditentukan secara genetik, serta dipengaruhi dan dimodifikasi oleh berbagai faktor lingkungan seperti nutrisi, kondisi hidup dan segala hal yang dialami pada setiap tahap kehidupan.

Pertumbuhan fisik berbeda dengan perkembangan fisik. Pertumbuhan fisik berarti mengacu pada tinggi badan dan berat badan anak, sementara perkembangan fisik mengacu pada kemampuan yang dimiliki seorang anak seiring dengan pertumbuhannya (kemampuan yang membantu mereka mengontrol tubuh mereka sendiri).

Perkembangan anak memiliki beberapa aspek perkembangan yang sangat penting dan berpengaruh terhadap diri anak maupun orang -- orang di sekitarnya. Aspek perkembangan anak bekerja saling berhubungan dan memengaruhi antara aspek yang satu dengan yang lain.

Sebagai contoh : begitu seorang anak mencapai tahap perkembangan emosi dimana ia mampu merasa aman meskipun jauh dari pengasuhnya, saat itulah ia memiliki kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi secara sosial. Ketika satu aspek saja terabaikan, anak tersebut akan mengalami kesulitan dalam mencapai potensi dirinya secara penuh.

Perkembangan fisik adalah situasi dimana kemampuan tubuh seseorang mengalami peningkatan dan performanya menjadi lebih kompleks. Pertumbuhan fisik adalah pertumbuhan struktur tubuh manusia yang terjadi sejak masih dalam kandungan hingga ia dewasa. Pertumbuhan selama masa kanak -- kanak tengah sangat lambat. Namun, meskipun perubahan hari demi hari tidak terlihat jelas, mereka menghasilkan perubahan yang mengejutkan antara usia 6 tahun, ketika mereka masih menjadi anak kecil, dan 11 tahun banyak yang mulai menyerupai orang dewasa.

Ini adalah periode dimana anak berkembang secara cepat. Tulang -- tulangnya telah bertambah panjang dan meluas secara cepat. Pada umumnya, anak -- anak berusia 8 -- 12 tahun akan bertumbuh 5 hingga 7.5 cm lebih tinggi setiap tahunnya. Anak laki -- laki berusia 8 tahun pada umumnya lebih tinggi dari anak perempuan, namun begitu menginjak usia 12 tahun keadaan berbalik, anak perempuan pada umumnya lebih tinggi dari anak laki -- laki.

Otot anak laki -- laki maupun perempuan sama -- sama berkembang pada periode ini. Paling tidak, seorang anak akan bertambah berat sekitar 2.5 hingga 3 kg setiap tahunnya dalam periode ini. Anak perempuan cenderung mempertahankan lebih banyak jaringan lemak dari anak laki -- laki sebagai persiapan untuk masa pubertas. Sebagai hasilnya, pada kisaran umur ini, anak -- anak perempuan akan terlihat lebih berisi dari anak laki -- laki.

Ada variasi yang luas mengenai usia dimana anak laki -- laki maupun perempuan keduanya mulai mengalami perubahan fisik menjelang pubertas. Anak perempuan dapat menunjukkan perubahan fisik pada usia 10 atau 11 tahun, tapi dapat juga dari usia 8 atau 13 tahun. Anak laki -- laki dapat menunjukkan perubahan fisik sejak usia 11 atau 12 tahun, namun bisa juga dari usia 9 tahun atau 14 tahun.WASSALAM