Mohon tunggu...
ranny m
ranny m Mohon Tunggu... maroon lover

Manusia dg keberagaman minat dan harap. Menjadi penulis adalah salah satunya. Salah duanya bikin film. Salah tiganya siaran lagi. Salah empatnya? Waduh abis dong nilainya kalo salahnya banyak hehe..

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

ZIS Mudah dengan Mobile Banking

6 Mei 2021   14:47 Diperbarui: 6 Mei 2021   14:50 265 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
ZIS Mudah dengan Mobile Banking
Tangkapan layar mobile banking Muamalat (Sumber: Dokumen Pribadi)

Sebagai pengguna dua layanan perbankan syariah terbesar di Indonesia yakni Muamalat dan Bank Syariah Indonesia (BSI), saya mendapat kemudahan dalam menunaikan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS). Hanya dengan mobile banking, saya bisa mengeluarkan ZIS kapanpun dan dimanapun.

Platform pertama yang saya bahas adalah Muamalat. Sebagaimana tertera pada gambar, ada empat pilihan lembaga penyelenggara ZIS yang bisa kamu pilih. Baitulmaal Muamalat (lembaga ZIS di bawah naungan Muamalat), Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan Baznas. Di bawahnya lagi ada pilihan, kamu mau bayar zakat, infaq, shodaqoh atau wakaf. Lalu kamu tinggal ketik nominalnya. Gampang kan?

Demikian pula dengan BSI, mudah juga. Namun ada sedikit perbedaan. Pertama kamu pilih dulu jenis sedekah yang mau kamu tunaikan. Tidak hanya ZIS, tapi ada banyak pilihan lain seperti wakaf, fidya, paket sembako dan lainnya. 

Tangkapan layar mobile banking BSI (Sumber: Dokumen Pribadi)
Tangkapan layar mobile banking BSI (Sumber: Dokumen Pribadi)
Setelah kamu pilih jenis sedekahnya, kamu baru pilih lembaga penyelenggaranya. Antara lain ada Laznas BSM Umat, Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat. Lalu ketik nominalnya dan dilanjutkan pin kamu. Beres deh!

Kemudahan sedekah dengan mobile banking ini memungkinkan kamu untuk melakukan sedekah di waktu subuh. Sedekah subuh memiliki keutamaannya sendiri, sebagaimana sabda Rasulullah SAW. 

"Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, 'Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak', sedangkan yang satunya lagi berdoa 'Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya." (HR. Bukhari & Muslim)

Keutamaan melakukan sedekah di waktu subuh yaitu adanya malaikat yang datang ke bumi pada pagi hari. Mereka bertugas mendoaakan orang yang bersedekah pada hari itu. Bagi yang bersedekah, maka malaikat mendoakan agar diberi rezeki yang berlipat dan sebaliknya bagi yang menahan hartanya atau tidak bersedekah.

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda "Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain." (HR. Ahmad)

Inilah salah satu tips agar doamu dikabulkan oleh Allah dan dibebaskan dari kesulitan-kesulitan, yaitu dengan cara bersedekah. Karena dengan bersedekah, secara tidak langsung kita turut membantu mengatasi kesulitan orang lain.

Sekarang tidak perlu ragu lagi untuk bersedekah karena sudah ada dua layanan mobile banking bank syariah yang menyediakan kemudahan untukmu. Lembaga penyelenggara ZIS yang bekerjasama dengan kedua Bank itu juga memiliki kredibilitas yang tak diragukan, jadi insyaallah amanah ZIS-mu akan tersalurkan dengan benar kepada mereka yang membutuhkan.

Semoga dengan kemudahan-kemudahan ini, kita bisa jadi semakin rajin bersedekah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x