Mohon tunggu...
Nindy Prisma
Nindy Prisma Mohon Tunggu... Buruh - buruh di balik kubikel dan penikmat pertandingan olahraga

...Real Eyes Realize Real Lies...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Siapa Akan Berjaya di FIVB Women's World Championship 2022?

24 September 2022   00:32 Diperbarui: 24 September 2022   15:46 1442 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Mulai malam ini, FIVB kembali akan menggelar Women's World Championship 2022. Kejuaraan Dunia Voli Indoor Putri ini akan berlangsung mulai 23 September sampai 15 Oktober| Dok Situs Women's World Championship 2022 volleyballworld.com

"The waiting is over."

Usai sukses melaksanakan FIVB Men's World Championship 2022 dengan Itali sebagai juaranya. Mulai malam ini, FIVB kembali akan menggelar gawean besar yaitu Women's World Championship 2022.

Kejuaraan Dunia Voli Indoor Putri ini akan berlangsung mulai 23 September sampai 15 Oktober. Sama seperti di sektor putra, akan ada 24 tim putri yang siap bertarung untuk memperebutkan gelar prestisus sebagai juara dunia 2022 dan mereka adalah:

  • Serbia: Juara Bertahan Women's World Championship 2018
  • Republik Dominika dan Puerto Riko: Juara dan Runner-up NORCECA Championship 2021
  • Brasil dan Kolombia: Juara dan Runner-up South America Championship 2021
  • Kamerun dan Kenya: Juara dan Runner-up African Championship 2021
  • China dan Jepang: Ranking 1 dan 2 Wakil Asia
  • Italia: Juara European Championship 2021
  • Turkiye: Peringkat 3 European Championship 2021

Tim putri Turkiye lolos sebagai wakil Eropa karena Serbia yang merupakan runner-up European Championship 2021 secara otomatis lolos karena berstatus juara bertahan World Championship edisi 2018.

Selain sebelas tim di atas, ada beberapa tim yang berhak turut serta di World Championship kali ini berdasarkan ranking dunia terbaik 2021 lalu, yakni Amerika Serikat, Jerman, Belgia, Korea Selatan, Bulgaria, Kanada, Thailand, Argentina, Republik Ceko, Kazakhstan, dan Kroasia.

Komposisi tim peserta tersebut digenapi oleh tim putri Polandia dan Belanda yang otomatis lolos karena statusnya sebagai tuan rumah.

Polandia dan Belanda memang ditunjuk oleh FIVB sebagai tuan rumah event akbar tersebut. Gliwice, Lodz, dan Gdanks jadi 3 kota di Polandia yang terpilih menjadi tempat pertandingan. Sementara itu pertandingan di Belanda akan berlangsung di Arnhem, Rotterdam, dan Apeldoorn.

Beda Skema Kompetisi 

Ada satu hal yang berbeda dari gelaran Men's dan Women's World Championship. Jika pada kategori putra lalu 24 dibagi ke dalam 6 pool berbeda dengan masing-masing pool berisi 4 tim, maka tidak demikian dengan di sektor putri.

Di Women's World Championship ini, 24 tim peserta dibagi ke 4 pool dengan jumlah peserta di masing-masing pool adalah 6 tim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan