Mohon tunggu...
Muhammad ZeinIkhsan
Muhammad ZeinIkhsan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menjadi sarjana muda yang terampil

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mencintai Al-Quran yang Mengandung Nilai-nilai Universal

14 Juli 2020   08:41 Diperbarui: 14 Juli 2020   08:38 116 2 0 Mohon Tunggu...

Sebagai cahaya dan petunjuk hidup, al-Qur'an dan alhadis yang dengannya kita hidup dan dengannya pula kita akan mati. sebagai seorang mukmin kita wajib untuk beriman dan mencintai serta melaksanakan apa-apa yang di perintahkan didalam keduanya itu, al-Qur'an mempunyai nilai yang sangat universal yang tidak akan pernah lapuk ditelan zaman, yang sesuai dalam segala suasana.

Mukjizat terbesar yang di emban oleh Baginda Nabi Besar Muhammad SAW adalah dengan di turunkannya al-Qur'an melalui perantara Malaikat Jibril AS sebagai pedoman hidup manusia yang menjelaskan beragam aturan dari perkara yang paling ringan sampai persolan yang terberat yang akan membawa manusia pada kemuliaan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al-Hasyr:21:

Artinya:"Kalau sekiranya Kami turunkan al-Qur'an kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah dan perumpamaan-perumpamaan itu kami buat untuk manusia agar mereka berfikir."(Q.S. Al-Hasyr:21)

Allah SWT turunkan al-Qur'an melalui perantara Malaikat Jibril AS kepada manusia pilihan Nabi Muhammad SAW selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari untuk di jadikan pedoman hidup serta untuk memperbaiki akhlak umat manusia, oleh karena itu al-Qur'an merupakan sebuah pentunjuk hidup yang sudah digariskan oleh Allah SWT kepada manusia yang beriman, sudah sepantasnya kita sebagai seorang mukmin untuk mencintai al-Qur'an dengan sepenuh hati dalam kehidupan ini, yang mana al-Qur'an sanggup menjawab terntang berbagai persoalan kehidupan yang di hadapi oleh umat manusia. Allah Swt Berfirman dalam Q.S. An-Nahl:89:

Artinya:"(Dan ingatlah) akan hari (ketika) kami bangkitkan tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan kami datangkan kamu (Muhammad SAW) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan kami turunkan al kitab (al-Qur'an) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri."(Q.S. An-Nahl:89)

Sikap mencintai al-Qur'an haruslah dimulai oleh setiap individu muslim yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulnya dengan mengamalkan seluruh ajaran agama Islam dalam praktek kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagai mana yang sudah di contohkan oleh para sahabat Rasulullah SAW, yaitu saat Rasulullah SAW menerima wahyu yang terbaru para sahabat selalu mencatatnya pada batu dan pelepah kurma.

Al-Qur'an juga mengajarkan kepada kita untuk selalu mencintai sesama, tidak kepada sesama kaum muslim saja juga kepada orang lain yang tidak seagama dengan kita, karena agama Islam merupakan Rahmatan lilalamin, Rahmat bagi seluruh alam. Allah SWT Berfirman dalam Q.S. Al-Anbiya:107:

Artinya:"Dan tidaklah kami mengutusmu kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta Alam."(Q.S. Al-Anbiya:107)

Agama Islam menjadi sebuah rahmat bagi seluruh umat manusia di dunia ini. Agama Islam mengajarkan kasih sayang terhadap sesama, saling membantu dalam hal kebaikan, selalu peduli dengan cinta kasih dalam batasan lakum dinukum waliadin (bagimu agamamu bagiku agamaku), dengan tidak mencampur adukan antara akidah yang satu dengan yang lainnya, bagi seorang muslim yang beriman dan bertaqwa ada bebera cara dalam mencintai al-Qur'an :

  • Meluangkan waktu secara istiqomah membaca dan mempelajari al-Qur'an.
  •  Menhormati al-Qur'an atas kesucannya baik dari segi membawa, membacanya, selalu berwudu saat akan menyentuh dan membaca al-Qur'an.
  • Selalu mendengarkan al-Qur'an secara seksama, saat al-qur'an di bacakan oleh orang lain.
  • Menjadikan al-Qur'an sebagai pedoman dan petunjuk dalam kehidupan.
  • Mengamalkan al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, melaksanakan apa-apa yang diperintahkan oleh allah SWT serta meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah SWT.

Bukti kecintaan kita kepada al-Qur'an tercermin dalam praktek kehidupan kita sehari-hari, oleh karena itu  sebagai muslim yang taat wajib bagi kita untuk selalu mempelajari al-Qur'an dengan banyak mendatangi majlis-majlis taklim, kajian-kajian keislaman agar kita bisa memahami isi dari pada kandungan al-Qur'an, sebagai mana yang kita maklumi bahwa al-Qur'an merupakan sebuah kitab yang sangat universal, selalu mengajarkan kasih sayang dan kebaikan pada semua umat, dengan mengamalkan semua ajaran dalam al-Qur'an  akan tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Apakah alasan al-Qur'an diturunkan melalui Baginda Nabi Besar Muhammad SAW adalah semata-mata menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya yang dibawa oleh para Nabi terdahulu, sehingga kemuliaan al-Qur'an ini diatas segalanya, al-Qur'an mengandung berbagai macam tuntunan kehidupan seperti masalah hukum, sosial, muamalah, neraka, surga dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN