Mohon tunggu...
Muhammad Zainuddin Badollahi
Muhammad Zainuddin Badollahi Mohon Tunggu... Antropolog

Ethnograpy

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Review Buku "Sekhak Buasa Tradisi Inisiasi pada Masyarakat Lampung"

14 Agustus 2019   13:52 Diperbarui: 14 Agustus 2019   14:05 0 1 0 Mohon Tunggu...
Review Buku "Sekhak Buasa Tradisi Inisiasi pada Masyarakat Lampung"
bobo.grid.id

Menurut pandangan saya tentang artikel yang berjudul SEKHAK BUASAH TRADISI INISIASI PADA MASYARAKAT LAMPUNG ini bahwa kebudayaan di Lampung sangat beragam mulai dari adat istiadat sampai tradisi-tradisi yang dijalankan masyarakat setempat. Sekhak Buasah merupakan sebuah tradisi/upacara adat yang dijalankan masyarakat Lampung yang dilaksanakan karena beranjaknya seorang anak menjadi seorang remaja gunanya agar anak tersebut tidak terjerumus melakukan kenalalan remaja.

Saya tertarik membaca artikel ini karena buku ini dapat memperkaya wawasan saya mengenai kebudayaan-kebudayaan yang ada di indonesia khususnya di daerah Lampung. Lampung merupakan salahsatu daerah yang masih mempertahankan tradisinya,dan kebudayaan di lampung masih ada yang perlu digali dan dikaji untuk kemudian dapat dikembangkan menjadi bahan informasi yang akan banyak membantu bagi pengembangan budaya Lampung sendiri sebagai satu upaya bagi pengengembangan objek wisata, serta kegiatan pembangunan ekonomi masyarakat setempat.

Di dalam buku ini juga menjelaskan tentang sejarah dan gambaran umum tentang provinsi Lampung dan gambaran umum Kota Bandar Lampung di profinsi Lampung. Selain itu,pada buku ini juga membahas mengenai kebudayaan-kebudayaan lain yang ada di Provinsi Lampung.

Bagian awal menjelaskan tentang latar belakang masalah,tujuan,ruang lingkup,metode penelitian,dan sistematika penelitian yang di bahas oleh pengarang di buku tersebut guna untuk menggali berbagai macam bentuk upacara-upacara adat dan tradisi-tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Lampung khususnya upacara Sekhak Buasah yang berhubungan dengan nilai-nilai luhur budaya yang melekat sebagai falsafah hidup masyarakat Lampung.

Selanjutnya menjelaskan tentang gambaran umum daerah Provinsi Lampung, pembahasan pada bab ini mengenai sedikit gambaran mengenai Lampung Selayang Pandang,sekilas wawasan tentang Provinsi Lampung,arti lambang Provinsi Lampung,visi misi Provinsi Lampung,demografi dan pembagian wilayah,lokasi dan lingkungan alam,letak geografis,iklim di Provinsi Lampung,karakteristik sosial budaya,dan gambaran umum mengenai Kota Bandar Lampung. 

Juga menjelaskan mengenai inti pembahasan yaitu salahsatu upacara adat/tradisi yang di Provinsi Lampung yaitu Sekhak Buasah yang dimana pembahasannya terdiri dari hubungan dengan lingkungan budaya,upacara di lingkungan hidup orang lampung, upacara penobatan status remaja mulai dari persiapan upacara,peralatan yang digunakan,prosesi upacara,pasca upacara dan analisis.

Pada artikel selanjutnya menjelaskan tentang saran dan kesimpulan yang dapat di tarik oleh pengarang bahwasanya pada masyarakat Lampung tidak akan terlepas dari falsafah hidup mereka, falsafah hidup tersebut menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh pengarang adalah strategi beradaptasi masyarakat Lampung terhadap lingkungan sosial dan lingkungan sosial dan lingkungan alam disekitarnya.

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari artikel ini, bahwasanya masyarakat lampung masih mempertahankan adat istiadat kebudayaan yang berupa upacara-upacara adat yang masih dijalankan, khususnya Sekhak Buasah. Pesan saya buat para pembaca buku ini,buku ini merupakan artikel yang dapat menambah wawasan kita bahwasanya Indonesia memiliki beragam budaya,ada yang sudah berkembang dan adapula yang masih perlu dikaji dan dikelola agar kebudayaan di Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat luar.

VIDEO PILIHAN