Mohon tunggu...
M YusriAinur
M YusriAinur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya mahasiswa surabaya

Hidup harus dijalani apa adanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Asyiknya Lahir di Lingkaran Keluarga Berorganisasi

3 Desember 2021   13:34 Diperbarui: 3 Desember 2021   13:37 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Di dalam artikel ini saya akan menjelaskan betapa asyiknya lahir di lingkaran keluarga berorganisasi.

Hal - hal apa saja sih yang menarik dari lahir di lingkaran keluarga berorganisasi?

Asyiknya lahir di lingkaran keluarga berorganisasi itu sangat membuat saya lebih memahami arti kekeluargaan yang sebenarnya. Saya sejak kecil udah diajak berorganisasi oleh keluarga saya,mulai mengikuti organisasi Fatayat, GP Ansor,Ipnu,Ippnu,karang taruna,remaja masjid. Pada saat saya pulang dari pondok pesantren untuk liburan,saya di suruh kakak perempuan saya untuk mengikuti makesta ipnu ippnu yang ada di desa saya. Sebenarnya saya menolaknya,tapi kakak saya langsung mendaftarkan nama saya untuk ikut acara tersebut. Akhirnya sayapun mau nggak mau harus mengikuti acara tersebut,tapi sehabis makesta saya nggak pernah ikut kegiatan organisasi tersebut. Pada saya menginjak kelas SMA,saya pindah ke pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Saya di pondok pesantren saya ikut organisasi daerah santri wilayah sidoarjo yang bernama hisbu putra delta, organisasi tersebut di naungi oleh pihak pondok langsung. Disini saya banyak belajar tentang keorganisasian dan mengembangkan minat bakat saya yang terpendam.

Setelah lulus dari pondok pesantren saya langsung di masukkan organisasi Ipnu sebagai koordinator lembaga ekonomi,dimana lembaga ini dibentuk untuk menambah pemasukan kas bendahara. Di dalam bidang ini tidak menambah masukan kas bendahara saja,kita secara tidak langsung bisa belajar bagaimana caranya kita melakukan usaha dengan baik dan benar,apalagi kalau kita ingin membuka usaha sendiri lembaga ini sangat cocok untuk belajar tata usaha yang baik dan benar.

Saya tidak berhenti di organisasi ipnu saja,saat ini saya ikut organisasi pmii yang berada di kampus saya,di pmii ini tidak hanya demo saja,di pmii pun kita juga bisa belajar apa yang kita mau,di pmii ini saya ingin mengasah kemampuan saya lagi dan ingin lebih kreatif dari sebelumnya.

Dengan mengikuti banyak organisasi,saya lebih banyak teman dan relasi. Dengan banyaknya teman kita bisa bertukar cerita dan juga bertukar fikiran serta bisa meningkatkan minat bakat yang terpendam.

Ikut organisasi juga bisa dibuat untuk belajar menghargai dan memahami orang lain,karna berorganisasi itu seperti halnya hidup di masyarakat,selain belajar menghargai dan memahami orang lain kita juga belajar bersabar terhadap orang lain. Kalau kita tidak bisa menghargai dan memahami maka hidup kita akan banyak yang tidak suka sama kita.

Banyak orang menganggap ikut organisasi itu tidak ada manfaatnya, hanya membuang - buang waktu,tenaga,fikiran bahkan uang.

Tapi pendapat saya ikut organisasi itu sangat penting,karna di dalam organisasi bisa mengasah polah fikir yang negatif menjadi positif, melatih kesabaran,kedisiplinan bahkan kejujuran. Apalagi yang mau belajar dan mengembangkan minat dan bakat nya.

Tapi itu semua di kembalikan kepada semua orang,karna setiap orang cara menilai nya berbeda - beda,ada yang menilai negatif dan ada juga menilai positif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun