Mohon tunggu...
Mita Karunia
Mita Karunia Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis untuk menyapa semesta

email : mitakarunia40@gmail.com | https://twitter.com/mitakarunia

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Hobi Jalan-jalan? Pastikan Kamu Membawa yang Satu Ini

5 Januari 2018   10:28 Diperbarui: 5 Januari 2018   10:48 818
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi berpetualang dan jalan-jalan ke berbagai tempat baru merupakan hobi yang saya miliki. Saya suka sekali menjelajah pantai, mendaki gunung atau sekedar jalan-jalan ringan mengunjungi tempat-tempat wisata yang asyik dan menarik. Bahkan berlibur atau petualangan semacam ini menjadi kebutuhan primer bagi saya. 

Karena dapat menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari, menemui hal baru dan banyak lagi yang tentunya sangat menyenangkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin saya meluangkan waktu untuk melakukan dan menikmatinya.

Selama kuliah hobi saya lebih mudah tersalurkan mengingat waktu libur dan jadwal kuliah yang banyak senggangnya. Serta teman-teman yang memiliki hobi yang sama sehingga berpetualang menjadi semakin menyenangkan. Bersama teman-teman, perjalanan saya semakin ringan, canda tawa menjadi penghibur bersama dikala perjalanan yang panjang cukup melelahkan.

Beberapa tempat yang asyik dan baru bagi saya, sudah pernah saya datangi. Mulai dari candi, pantai, wisata museum, mendaki gunung dan sebagainya yang sebagian besar banyak di Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Khusus untuk perjalanan jauh yang memakan waktu lama seperti mendaki gunung saya sarankan untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya serta dengan perlengkapan yang penting dan memang perlu dibawa untuk menunjang perjalanan. 

Eh, mungkin bukan saya seorang saja, buat semuanya, apalagi yang memiliki hobi jalan-jalan saya rasa memang perlu memiliki persiapan yang matang. Supaya jalan-jalan semakin menyenangkan dan berkesan. Oke, apa saja persiapannya? mari disimak baik-baik yaaa...

1. Tentukan Tujuanmu

Pertama, bagi saya tujuan itu penting. Tentukan tujuannya ingin kemana, mengapa kesana? Apa yang bisa kamu dapat ketika mendatangi tempat tersebut? Misalnya saat berkunjung ke pantai karena ingin photo prewedding. Nah, karena pantai X misalnya akan memberikan pemandangan yang sangat indah dan cocok dinikmati bersama pasangan atau tujuan lainnya. 

Gali info sebanyak mungkin untuk akses jalan atau bagaimana menuju destinasi yang dipilih, apakah jalan tersebut merupakan jalan pintas, atau ada jalan yang rusak dan sebagainya. Setelah mengetahui tujuanmu kemana maka akan semakin mudah kamu membuat itinerary. Itinerary ini nantinya bisa menjadi pedoman untuk perjalananmu agar semakin teratur serta waktumu menjadi lebih efektif mencapai tujuan yang sudah direncanakan.

2. Estimasi Dana

Perihal dana juga penting loh, setelah tahu tujuan kemana persiapkan budget yang dibutuhkan. Ketika destinasi yang diinginkan memiliki jarak yang jauh, maka kita juga dapat menyiapkan dana yang cukup dari jauh-jauh hari untuk destinasi yang jauh. Jangan lupa buat daftar dana tersebut akan digunakan untuk apa saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun