Note Trip
Note Trip

Blogger pemula|menyukai petualangan sederhana|penulis amatir|S.kom |pecandu buku|Sosial Media creative|Ide itu mahal

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Beberapa Fakta Menarik Seputar Rafflesia Arnoldi

9 Januari 2018   16:09 Diperbarui: 9 Januari 2018   16:19 1095 1 0
Beberapa Fakta Menarik Seputar Rafflesia Arnoldi
Screenshot Google

Hii sobat, cari tau lebih dalam yuk.. kenapa dan ada apa di 9 Januari 2018 ini? Kok tema google bunga bangkai/Rafflesia Arnlodi?

Beberapa Fakta Menarik seputar Rafflesia Arnoldi, cekidot ->

1. Tema Google Doodle vs hari Jadi Rafflesia Arnoldi.

Hari ini, setiap kita membuka tampilan Google yang akan kita lihat icon Bunga Rafflesia Arnoldi. Yap hari ini tema Google Doodle "bunga Rafflesia Arnoldii" seperti yang sudah kita ketahui google doodle itu tematik. Tepat 9 Januari 2018  ini merupakan hari jadi nya Rafflesia Arnoldi yang ke 25 Tahun. Jadi pantas Google mengenakan tema sang bunga bangkai (yang juga menjadi bunga Nasional, setelah melati dan anggrek bulan). 

2. Keterkaitan nama Bunga dan nama sang penemu bunga.

Banyak yang menduga penemu bunga pasti bernama Rafflesia Arnoldi, fakta nya bukan seperti itu. Bunga raksasa ini ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold, dimana pada saat itu beliau sedang menjadi pemandu dalam sebuah kegiatan Ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada sang pemimpin, Dr. Joseph menamakan bunga raksasa itu menjadi Rafflesia Arnoldi (penggabungan dari nama Thomas Stamford Raffles & Dr. Joseph Arnold). 

3. Termasuk jenis tanaman parasit 

Rafflesia Arnoldi termasuk kedalam tumbuhan parasit (menempel dan tumbuh pada tanaman inang batang liana). Bunga ini tidak berdaun dan dapat melakukan fotosintesis sendiri.

4. Tunas Rafflesia Arnoldi menyerupau Kubis

Tunasnya menyerupai bentuk kubis (hanya saja sisiknya berwarna kecokelatan). Tunasnya akan terbuka pada saat hujan dimalam hari.

5. Dibalik bau busuknya, merupakan salah satu cara nya beradaptasi. 

Dengan bau busuknya yang kuat tanaman tersebut memancing kedatangan penyerbuknya misal Lalat. Bau busuknya menguat di pagi hari.

6. Rafflesia Arnoldi hanya mekar beberapa hari saja

Bunga ini memang unik, ia memerlukan waktu 1 tahun untuk tumbuh. Tetapi hanya dalam kurun waktu 1-5 hari saja ia mekar.

Sekian beberapa fakta menarik seputar Bunga Rafflesia Arnoldi. Selamat ulang tahun sang bunga raksasa.