Mohon tunggu...
Maya Maulida Rifai
Maya Maulida Rifai Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030141

oke, love u

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Merawat Alat Ibadah agar Tidak Berjamur

23 Juni 2021   07:31 Diperbarui: 23 Juni 2021   08:23 121 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Merawat Alat Ibadah agar Tidak Berjamur
Sumber: 99.co

Duh, kalau pakaian kita berjamur gak mungkin kita kenakan kan? tapi kalau dibuang nanti malah jadi limbah. Faktanya, 75% dari pakaian kita berakhir di pembuangan, akhirnya menimbulkan masalah baru yaitu polusi tanah.

Tapi jika pakaian bernoda jamur apa terpaksa harus dibuang ya? no no no, yuk selamatkan bumi! dengan menyelamatkan pakaian yang berjamur. Jangan buang pakaian kamu! jamur masih bisa diatasi, melalui proses peyucian yang tepat.

Mungkin di antara kalian ada yang mengalami pakaiannya terkena jamur, yang ditandai dengan munculnya bintik hitam banyak. Yang tentunya akan sangat mengganggu sekali bukan? apalagi kalau yang kena itu baju-baju favorit kita. 

Sebenarnya bukan cuma di baju aja sih, di topi juga ada, jaket ada, kaus kaki ada, celana, sepatu hingga mukena. Intinya semua outfit atau apa yang kita kenakan berpeluang untuk terkena jamur ini. Selama kita tidak bisa merawat pakaian kita dengan baik.

Dan sialnya jamur ini tidak mau hilang kalau hanya dengan menggunakan deterjen saja, jadi perlu juga cara-cara khusus untuk menghilangkannya. Lalu dari mana sih asalnya dari jamur ini?, apasih penyebabnya?, lalu bagaimana cara mengatisipasinya?  agar baju-baju kita tidak terkena jamur.

Penyebab dari munculnya jamur bermacam-macam. Bisa dari keringat, air hujan, air cucian itu sendiri, dan bisa dari proses penjemuran pakaian tersebut.

Sumber; beautynesia.com
Sumber; beautynesia.com
Mukena yang bersih dan harum memberikan kenyamanan tersendiri saat beribadah. Namun karena sering digunakan mukena akan mudah berjamur, seperti munculnya bintik hitam di mukena. 

Dalam beraktivitas kita sering diingatkan mengenai hadist bersuci merupakan sebagaian dari iman. Kebersihan dalam menjalankan ibadah sholat juga selalu diperhatikan.

Lalu bagaimana cara merawat mukena agar lebih awet? yuk simak tipsnya!

1. Cuci mukena dengan air dingin. Air dingin akan membuat bahan mukena lebih awet, saat ini banyak mukena dengan motif dan warna yang beragam. Mencuci dengan air panas berisiko akan merusak warna pada mukena tersebut, saat mencuci usahakan menggosok mukena dengan secukupnya. 

Buat kamu yang suka mengenakan mukena bordir, sebaiknya cuci dengan cara direndam saja. Agar bordiran enggak rusak, sedangkan untuk mukena putih hindari menggunakan pemutih berlebihan. Karena pemutih pakaian dapat membuat serat kain cepat rusak loh fren!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN