Mohon tunggu...
Maya Maulida Rifai
Maya Maulida Rifai Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030141

oke, love u

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Minuman Kekinian Berkhasiat Sekaligus Menyegarkan yang Cocok sebagai Menu Buka Puasa

18 April 2021   12:30 Diperbarui: 20 April 2021   16:46 1652
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asupan bervitamin sangatlah penting bagi tubuh kita apalagi di masa pandemi seperti saat ini.  Kita bisa dapatkan vitamin melalui buah atau sayuran, karena setiap buah dan sayuran masing-masing mengandung vitamin yang bermacam. Tidak kalah dengan buah import, buah lokal khas Indonesia juga mengandung banyak manfaat vitamin & serat yang tentu saja mudah sekali kita dapatkan di sekitar kita seperti Manggis yang kulitnya pun juga berkhasiat, Jambu Air, Belimbing dll.

Cara untuk mengkonsumsinya pun bermacam-macam salah satunya dengan hanya mengambil sari buah nya saja atau biasa disebut dengan infuse water.  Cara menyeduh minuman agar lebih menarik untuk di minum tergantung kita sendiri atau sesuka hati saja. Biasanya kebanyakan orang melihat dari segi packaging atau tampilannya menarik untuk diminum atau tidak.

Nah ditulisan ini saya akan meperkenalkan bisnis kecil baru saya, yang terinspirasi dari Mbak saya yang mana dia pernah membangun bisnis kecil bersama temannya menjadi lumayan besar namun, dia memilih untuk berhenti dan saya tidak tau sebabnya. Sebelum membangun bisnis ini saya pernah menjadi reseller  sepupu saya sendiri dan saya memilih untuk berhenti menjadi resellernya.

Tahun lalu tepatnya 2020 saya berfikir ingin mempunyai bisnis sendiri tanpa bergantung pada orang lain, selain ingin menambah uang jajan tujuan saya untuk menyadarkan manusia untuk hidup sehat, dengan tidak membeli minuman atau makanan yang bermacam dan sembarangan. Selainn manfaat nya yang bagus bisnis saya ini sebisa mungkin menggunakan packaging aman tentu menarik di hati masyarakat terutama teman-teman di sekitar saya dan membuatnya dengan ikhlas dan cinta.

Memang saya anak yang jika minta ini itu selalu bisa tercukupi, namun saya tidak mau rasa ketergantungan saya terus-menerus menempel di badan dan pikiran saya. Bisnis ini juga terinspirasi dari ucapan Mbak saya bahwa sedekah air lebih baik daripada uang karena air adalah kebutuhan pokok. Bayangkan saja bila kita hidup tanpa air? atau hidup dalam keterbatasan air?. Tentu kita dilanda kesengsaraan seperti kekeringan, kehausan, kegersangan, dan lain sebagainya. Jujur saya ingin berjualan begini karena saya suka mempacking dan memasaknya saja hehe.

Bisnis saya menciptakan produk dari bahan-bahan organik, salah satunya chiaseeds. Sebelumnya saya tidak tahu chiaseeds ini, saya sering melihat influencer @safiracrespin dia sering posting instastory kalau sebelum tidur dia rutin meminum chiaseeds karena dapat menstabilkan berat badan walau kita sudah makan banyak. Nah berawal saya ingin beli chiaseeds ini di lapak sepupu saya tadi, karena hemat uang untuk ongkir maka saya memutuskan untuk jadi reseller sekalian, selain berjualan chiaseeds saya juga menjualkan Baso Aci, Baco Cuanki, dan Seblak dalam kemasan seperti mie instan jadi cocok buat kamu yang mageran atau anak kost karenanya teman-teman saya juga kaum micin jadi saya pikir jika saya berjualan ini teman-teman akan melarisinya.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Menu dalam bisnis saya cukup mudah untuk dibuat sendiri dirumah, dengan menu CocoChia yaitu perpaduan antara air kelapa (coconut) dan chiaseeds yang air kelapa sendiri mempunyai manfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, mencegah dehidrasi, menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah penyakit batu ginjal, dan menurunkan tekanan darah.

Dan chiaseeds sendiri mempunyai manfaat untuk membantu menurunkan berat badan, membantu mencegah sembelit, mengatur gula darah dan membantu mencegah diabetes, membantu menurunkan kolesterol, dan memerangi kanker payudara dan bentuk kanker lainnya. Menu kedua masih berkaitan dengan chiaseeds yaitu Lemonchia minuman perpaduan buah lemon sunkist yang mengandung manfaat membantu melancarkan pencernaan, menjaga sistem imun, memlihara kesehatan jantung, mencegah kondisi anemia, membantu mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan tulang dan otot.

Menu ketiga adalah Infuse Water yang berkomposisi dari buah Stoberi, Lemon, Jeruk Nipis dan Daun Mint, yang mana masing buah itu mengandung manfaat sendiri dari Stoberi yaitu mencegah penuaan dini, mengurangi peradangan, mengurangi risiko terjadinya katarak dan dapat mempekuat daya tahan tubuh. Jeruk Nipis sendiri mengandung manfaat membantu penyerapan zat besi, meningkatkan kekebalan tubuh dan sumber antioksidan.

Daun Mint yang cocok untuk menu dietmu karena mengandung kalori yang rendah dan kaya akan serat dan dapat membantu merancang enzim pencernaan, dapat mengatasi sakit kepala, dan yang terakhir untuk menjaga kesahatan gigi. Buah yang rasanya masam rata-rata memiliki manfaat yang sama, karena sama-sama mengandung vitamin c.

Waktu yang tidak memungkinkan saya untuk fokus untuk berniaga saja, jadi jika saya ingin berniaga sesuai mood / suasana hati saya. Berniaga juga butuh mental yang kuat dalam menghadapi customer yang labil. Oiya Infuse Water hanya bisa bertahan dalam 12 jam saja setelah dibuat dan ditaruh dalam kemasan. Bisnis yang saya tekuni tentu belum bisa jadi patokan hasil cuan saya, namun hanya sebagai sampingan saja, selain menjadi sampingan / selingan dari jam kuliah saya juga membangun bisnis ini agar Bapak saya yang sekarang sedang sakit-sakitan jad lebh sering menkonsumsi minuman segar yang kaya akan vitamin dari minuman yang saya jual hehe. 

Terimkasih telah menyimak tulisan saya dan jangan lupa order ya! Yuk dukung UMKM daerahmu! Love.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun