Mohon tunggu...
M Muzaqi
M Muzaqi Mohon Tunggu... Programmer - Ketua ACM GP Ansor Brebes

www.ansorbrebes.or.id

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Parenting : Tips Menjadi Orangtua yang Lebih Baik

18 Agustus 2020   23:12 Diperbarui: 20 Agustus 2020   18:15 500 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi. Src: Tribunnews

Orangtua (terutama ibu) adalah madrasah pertama untuk anak-anak. Karena orang tua itu orang yang pertama dan paling utama dilihat oleh anak-anak yang nantinya sikap dan perilakunya akan ditiru anak. Karena orangtua memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perilaku anak dalam sehari-hari.

Cara menjadi orangtua yang lebih baik adalah dengan melakukan hal-hal yang sederhana namun tepat dilakukan untuk anak-anak. Misalnya adalah dengan mengingat hal-hal yang membahagiakan karena hal ini dapat memperkuat kasih sayang orangtua kepada anak. 

Selain itu juga berbagi dan berdiskusi antara ayah dan ibu mengenai masalah dalam mengasuh anak agar masalah yang dihadapi lebih ringan. Karena kewajiban pengasuhan anak adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya ibu, tetapi ayah juga. Meskipun punya peranan yang berbeda.

Dalam kesehariannya, anak-anak akan lebih mudah meniru suatu perbuatan dibandingkan dengan perkataan. Oleh karenanya, sebagai orang tua semestinya bisa menjaga tutur kata dan perilaku, terlebih di depan anak-anak. Usahakan orangtua juga selalu berperilaku yang sesuai dengan perkataannya. 

Sebagai orangtua juga seyogyanya bisa memberikan pikiran yang positif terhadap anak. Inilah yang nantinya akan mendorong orangtua untuk berperilaku dan berkata yang baik terhadap anak. Ubahlah pikiran negative dengan pikiran positif dengan selalu mengingat dan melihat hal-hal yang baik yang ada dalam diri masing-masing.

Sebagai orangtua, usahakan untuk tidak melakukan kekerasan kepada anak, baik fisik maupun psikis. Terkadang karena permasalah ekonomi yang lagi sulit, kelelahan dalam bekerja maupun mencari nafkah, tanpa disadari semua itu bisa menjadikan kita berperilaku maupun berkata tidak baik terhadap anak-anak, apalagi anak dalam keadaan rewel. 

Karena semua itu akan mempengaruhi perilaku anak di masa mendatang. Jadilah orang tua yang lebih baik dengan bisa mengendalikan emosi di saat apapun kondisinya, dan selalu bersikap ,berperilaku serta bertutur kata dengan penuh kasih sayang tanpa kekerasan terhadap anak.

Sebagai orangtua, baik ayah  maupun ibu harus kompak dan bisa saling Kerjasama dalam mengasuh anak. Karena bagaimanapun juga, anak butuh sosok seorang ayah. Lakukan hal yang sederhana misalnya, dengan memberikan perhatian pada anak. Ketika ada suatu hal yang harus diputuskan juga, diskusikan bersama antara ayah dan ibu untuk menemui titik temu keputusan bersama. 

Dalam hal ada beda pendapat atau lainnya yang menimbulkan konflik antara ayah dan ibu, hindari bertengkar di depan anak-anak karena bisa menjadikan anak agresif, penakut hingga tidak betah di rumah. Bermusyawarah untuk menghasilkan kesepakatan bersama yang terbaik untuk keluarga.

Jadi, gimana cara menjadi orangtua yang lebih baik?

1. Ayah dan Ibu mempunyai tanggungjawab yang sama dalam mengasuh anak, dengan caranya masing-masing sesuai peranannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan